Ilmuwan China Ubah Tembaga Jadi Emas!

BUMOE 01 Jan 2019
Ilmuwan China Ubah Tembaga Jadi Emas!

Tim ilmuwan dari Institut Fisika, Kimia di Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok di Liaoning, China, berhasil menemukan cara mengubah logam biasa menjadi logam mulia. Mereka mencobamengubah lempengan tembaga menjadi emas, dan berhasil!

Tembaga yang berharga murah, dipanaskan dalam ruang bakar khusus mirip combustion chamber turbin gas pesawat, dalam waktu tertentu berubah menjadi emas! Ilmuwan China telah menemukan rahasia ‘ramuan’ itu, termasuk gas argon dan muatan atom electron yak dipakai selama proses.

Temuan ini sontak membuat kaget dunia, dan dikhawatirkan akan berdampak signifikan pada harga emas dunia.

IIlmuwan China menggunakan partikel terionisasi, yang berfluktuasi super cepat melepas atom tembaga dari logam target. Saat atom mendingin dan mengembun, lapisan tipis ‘pasir emas’ mulai terbentuk di permukaan perangkat pengumpul.

Ilmuwan Fisika Kimia Universitas Lioning, China di laboratoriumnya (ilustrasi). Dok : Getty/The Sun

Partikel ‘pasir’ kecil itu lalu dimasukkan dalam ruang bakar, lalau proses milyaran tahun dipersingkat sehingga mirip proses perubahan metal atau bebatuan menjadi emas di dalam tanah. Pengujian pertama dinilai sukses. “Partikel nano tembaga menjadi sangat mirip dengan emas atau perak,” kata salah satu ilmuwan.

Paling tidak, katanya, telah diperoleh kepastian bahwa setelah proses, terjadi peningkatan kualitas logam yang semula hanya tembaga, bisa menjadi emas, minimal perak.

Penemuan mengejutkan ini hasil kerja keras  tim ilmuwan dari Institut Fisika, Kimia di Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok di Liaoning ketika mereka berusaha menemukan ‘pengganti emas’.

Bila teori ini bisa dipraktekkan dalam skala besar, dapat dipastikan akan mengubah struktur perdagangan benda mulia di dunia. Tentu saja kadar kemurniannya belum terukur, namun tetap saja temuan ini cukup menghebohkan dunia. (yan/the Sun)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya