Ilmuwan Buktikan HP Sebabkan Tumor!

BUMOE 09 Nov 2018
Ilmuwan Buktikan HP Sebabkan Tumor!

Para ilmuwan di National Toxicology Program, menemukan bukti kuat bahwa radiasi ponsel (HP), baik  menggunakan 2G, 3G atau 4G, dapat menyebabkan tumor kanker, khususnya di jantung dan otak!
“Kita coba pada tikus, dan faktanya hewan itu terserang tumor!” ujar Dr John Butcher, peneliti utama.

Dalam percobaan, tikus tikus ditempatkan di ruang khusus, lalu dipapar radiasi ponsel dengan interval 10 menit dan 10 menit selama 9 jam, sehari penuh. “Hampir semua tikus otak dan jatungnya berkembang sejenis sel  tumor. Kami percaya ada hubungan kuat antara frekwensi signal ponsel dengan tubuh hewan pengerat tersebut,” kata Bucther.

Namun, ilmuwan bingung juga dengan temuan tikus yang terpapar radiasi bisa hidup lebih lama daripada tikus yang tidak terpapar. “Mungkin ada persoalan sakit lain pada tikus yang tidak terpapar, atau mereka secara samar malah lebih akut terpapar, tanpa perlu ada penumbuhan sel (kanker),” kata Dr Michael Wyde, peneliti lainnya.

Meski  begitu, Dr Butcher  mengakui  eksposur yang digunakan dalam penelitian tidak dapat dibandingkan langsung dengan manusia saat  menggunakan ponsel. “Bisa lebih kuat (pengaruh radiasinya), bisa juga lebih lemah,” paparnya.

Dalam penelitian itu, tikus –tikus menerima radiasi frekuensi radio di seluruh tubuh mereka. Sebaliknya, sebagian besar orang terpapar di jaringan lokal tertentu, di dekat tempat mereka memegang telepon. Namun para peneliti tidak melibatkan penelitian perubahan tingkah laku, atau psikis dalam penelitian ini.  “Selain itu, tingkat paparan dan durasi dalam penelitian kami lebih besar dari apa yang manusia alami,” jelasnya.  Lebih mungkin, penggunaan yang berlebihan adalah perubahan perilaku atau psikis, pada manusia.  Setidaknya perlu berhati hati dan bijak dalam menggunakan perangkat ponsel, atau apapun yang memancarkan radiasi ultrasonik atau elektromagnetik itu. (yan/express)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya