Ilmuwan AS : Bulan Tiruan Cina Mustahil!

BUMOE 01 Nov 2018
Ilmuwan AS : Bulan Tiruan Cina Mustahil!

Texas, AS – Profesor Ryan Russell, guru besar Teknik Kedirgantaraan Universitas Texas, AS menyebut bulan tiruan made in China tidak mungkin bisa di-implementasikan. “Bagaimana mungkin pada ketinggian hanya 300 mil, bisa menyinari sebuah kota, apalagi negara sebesar China,” katanya, Senin (29/10/2018) lalu.

Menurutnya para ilmuwan China terlalu ambisius, dengan klaim yang tak masuk akal. “Klaim mereka menempatkan satelit – pengganti bulan – di orbit rendah, hanya 300 mil di atmosfier hanya lelucon, atau salah ketik. Itu tentu saja tak mungkin,” ujarnya.

Bilapun satelit cermin itu bisa dibuat, agar satelit tetap berada di atas Kota Chengdu, diperlukan orbit sekitar 22.000 mil di atas permukaan Bumi,” kata Russell. Lagipula, perlu cermin refleksi sangat besar, untuk memantulkan sinar matahari ke bumi. Namun, ia tetap  menunggu China membuat bulan tiruan, yang menurutnya akan sangat rumit.

Satelit dengan cermin raksasa, memantulkan cahaya matahari ke bumi. dok : Znamya

Pada 10 Oktober 2018 lalu, kelompok ilmuwan Cina yang tergabung dalam Tian Fu New Area Science Society mengungkapkan rencana untuk mengganti lampu jalan di kota Chengdu, dengan satelit yang dirancang untuk memantulkan sinar matahari ke permukaan Bumi di malam hari.
Wu Chunfeng,  pimpinan lembaga itu, mengatakan bulan buatan akan mengorbit sekitar 310 mil di atas Bumi, memberikan cahaya setidaknya seremang senja, menggantikan cahaya lampu jalan. Rencananya, bulan tiruan itu akan diluncurkan tahun  2020 mendatang, dan akan terus ditambah  tiga lagi pada 2022, untuk menyinari kota-kota lainnya di daratan Cina. Harapannya, satu bulan tiruan bias menyinari areal seluas 4.000 mil persegi, atau seluas sebuah kota besar. (yan/futurism)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya