Ilmuwan: AI Akan Musnahkan Peradaban Manusia!

Ilustrasi artificial intelligence alat perang.
Ilustrasi.

Pengamat AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan, red) Dr. Rich Walker memperingatkan pengembangan AI yang semakin tinggi bisa menjadi bencana bagi umat manusia. Apalagi penggunaan AI untuk perang, seperti pesawat nir-awak, hingga robot perang,  dapat dikategorikan sebagai kejahatan perang yang mirip dengan senjata kimia dan biologi.

“AI yang diterapkan untuk sistim alat perang, akan sangat mematikan dan bisa membunuh tanpa pertimabangan perasaan,” ujarnya. Belum lagi teknologi di bidang lain, yang kini serba otonom dan mengalihkan fungsi manusia yang akhirnya hanya akan berfungsi sebagai budak dan pengangguran.

Ilmuwan : Robot ‘Superhuman’ akan Ungguli Manusia!

“Kita tidak boleh mengembangkan teknologi AI secara sembarangan, kita harus memastikan itu diatur dan dikendalikan,” tegasnya. Kita tidak mengizinkan orang untuk menggunakan senjata kimia dalam perang, senjata biologis dan penggunaan ranjau darat dan ranjau tandan sangat diatur atau dikendalikan. Mestinya juga AI tidak boleh digunakan, karena hasil akhirnya sama, mereka robot tanpa perasaan,” katanya.

Ia bahkan mengusulkan aturan bagi pengembangan teknologi AI untuk keperluan kesehatan dan industri, agar tidak meninggalkan unsur kemanusiaan. “Apa mau nanti peradaban manusia digantikan oleh peradaban AI, atau robotic?” katanya. Kalau begitu, film-film science fiction akan terwujud, di mana AI dan kekuasaan akan saling menggunakan, menindas kaum marginal dan terbelakang.(yan/express)