Harga Minyak Dunia Naik, BBM di Indonesia Turun, Kok Bisa?

Harga BBM Turun. (Gambar Freepik.com)
Harga BBM Turun. (Gambar Freepik.com)

Jakarta – Harga beberapa jenis bahan bakar minyak (BBM) Pertamina turun, di tengah melonjaknya harga minyak dunia. Kok bisa? Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan hal itu karena Indonesia telah menerapkan kebijakan program biodiesel 30% atau B30. Serius?

Implementasi program B30 sendiri baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), 23 Desember 2019 lalu. Memang, Indonesia tercatat sebagai negara pertama yang mengimplementasikan B30 di dunia.

Baca Juga: Terpengaruh WW III, IHSG Ambruk!

Lalu, Erick juga menekankan bakal terus mengusahakan agar impor minyak terus ditekan lewat penggunaan biodiesel 30%. “Karena kita sudah antisipasi beberapa bulan lalu, salah satunya kita terapkan B30. Dengan adanya B30 ketergantungan impor minyak bisa lebih ditekan,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau korban banjir di Teluk Naga, Tangerang, Minggu (5/1/2020).

Langkah lainnya, belakangan pemerintah sudah mulai membatasi tender pengadaan bahan bakar lewat perantara.

Menteri BUMN Erick Tohir. (Instagram)
Menteri BUMN Erick Tohir. (Instagram)

“Kita sudah mulai tender bukan melalui perantara tapi langsung kepada perusahaan yang menghasilkan minyak yang selama ini belum dilakukan. Supaya kita bisa cut untuk memangkas dari pada margin yang tidak perlu sehingga harganya jelas lebih murah USD5- USD6,” paparnya.

Akan tetapi, Erick menegaskan pihaknya tidak berniat untuk mengusir perantara dari tender pengadaan bahan bakar tersebut. Sementara itu Harga BBM mengalami penurunan di awal tahun 2020. Mulai dari Pertamina yang merupakan badan usaha pelat merah, maupun Total dan Shell yang merupakan badan usaha milik swasta.

Ketiganya kompak menurunkan harga BBM. Di sisi lain di berbagai belahan dunia, belakangan harga minyak naik hingga lebih dari 4% harga sebelumnya.

Kenaikan terjadi menyusul insiden tewasnnya perwira militer senior Iran Qasem Soleimani oleh serangan udara Amerika Serikat (AS) yang memunculkan kekhawatiran memanasnya ketegangan Timur Tengah bakal meneken pasokan global. Sampai kapan harga BBM turun ini bertahan?(yan/Sindo/*)