Gubernur Aceh Ditangkap KPK!

Banda Aceh– Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah, Ahmadi ditangkap KPK Selasa malam (3/7/2018) dalam sebuah Operasi Tangkap Tangan (OTT). Selain Irwandi, ikut diamankan delapan orang lainnya bersama uang ratusan juta, yang diduga terkait proyek pembangunan di Aceh.

Ke 10 orang yang ditahan, termnasuk Gubernur dan bupati, kini diamankan di Mapolda Aceh.  Mengenakan kemeja putih, saat wartawan diberi kesempatan mengambil gambar di ruangan Direktorat kriminal khusus (Ditreskrimsus) Mapolda Aceh, Irwandi yang mengenakan kemeja poutih sesekali tersenyum dan melambaikan tangan ke arah wartawan.

Irwandi ditangkap KPK saat berada di pendopo Gubernur Aceh, sekitar pukul 21.00 WIB.. Saat ini pendopo juga dijaga ketat oleh petugas Satpol PP. Wartawan tidak diizinkan masuk ke sana. Juru bicara KPK, Febri Diansyah  mengakui KPK sedang melakukan OTT di Aceh, dan mengamankan 10, termasuk dua kepala daerah.

Sementara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo juga membenarkan operasi tangkap tangan di Aceh, Selasa (3/7). “Sore hingga malam ini, KPK melakukan kegiatan penindakan di Aceh dan mengamankan 10 orang, yang terdiri dari 2 kepala daerah dan sejumlah pihak non PNS,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Selasa malam (3/7). Agus menyatakan, diduga sebelumnya telah terjadi transaksi yang melibatkan penyelenggara negara di tingkat Provinsi dan salah satu Kabupaten di Aceh.

Irwandi Yusuf dilantik sebagai Gubernur Aceh pada 5 Juli 2017, setelah menang bersama Nova Iriansyah. Ia di-usung Partai Demokrat, Partai lokal ,Partai Nanggroe Aceh, dan sejumlah partai politik lainnya.

Sementara Ahmadi menang memenangi Pilkada Kabupaten Bener Meriah diusung Partai Amanant Nasional (PAN) dan sejumlah partai politik lainnya. (Liputan6/dtc/*)