Germpa Cianjur, 20 Meninggal Ratusan Bangunan Rusak!

Gempa sedang 5,6 Skala Richter (SR) mengguncang Jawa Barat dan DKI Jakarta,  Selasa Siang (21/11/2022), yang berpusat di sekitar Kota Cianjur, Jawa Barat. Hingga saaat ini dilaporkan 20 orang meninggal dunia, ratusan luka, serta bangunan rubuh dan ruas Cianjur Cipanas putus akibat bukit di kiri kanan jalan longsor.

gfz2022wulo
Gempa Cianjur . cr : Geofon

Jakarta – Gempa sedang 5,6 Skala Richter (SR) mengguncang Jawa Barat dan DKI Jakarta,  Selasa Siang (21/11/2022), yang berpusat di sekitar Kota Cianjur, Jawa Barat. Hingga saaat ini dilaporkan 20 orang meninggal dunia, ratusan luka, serta bangunan rubuh dan ruas Cianjur Cipanas putus akibat bukit di kiri kanan jalan longsor.

Lembaga meteorologi Geofisika Jerman, Geofon mencatat gempa pada magnitude 5,5 SR, pada posisi 107,05 derajat Bujur Timur dan 6,89 Lintang Selatan pada kedalaman 10 km. Gempa dangkal inilah, menurut BMKG yang mengakibatkan kerusakan cukup parah di Kota Cianjur dan sekitarnya.

‘ iya, karena gempanya dangkal, biarpun tidak besar namun merusak,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono. Wilayah Sukabumi, Cianjur, Lembang, Purwakarta, juga Bandung secara tektonik merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks. “Disebut aktif memang kawasan ini sering terjadi gempa,” katanya, Senin (21/11/2022).

gempa di cianjur gempa cianjur 169
Bangunan hancur di Cianjur . dok : CNN Indonesia

Selain ratusan bangunan dan jalan rusak, 20 orang dikabarkan meninggal dunia. Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan menyatakan 20 orang meninggal dunia akibat gempa itu. Data dari RSUD Kabupaten Cianjur memang menyebutkan begitu. Selain itu 100 lebih lainny luka dirawat di  RSUD tersebut.

“Sementara masih dalam pendataan yang sudah kita bisa lihat secara langsung sedang ditangani luka-luka itu 100 orang, meninggal dunia 20 orang data itu di RSUD Kabupaten Cianjur,” kata Kapolres. “Untuk tempat lain masih pendataan. Yang lain masih proses karena ambulans masih terus berdatangan juga,” sebutnya.

Gempa juga dirasakan masyarakat di kawasan Jabodetabek. Getaran gempa membuat sejumlah gedung perkantoran berguncang. Banyak warga Jakarta terkejut, namun ada juga sebagian yang tidak merasakannya. BMKG Sebut Penyebab Gempa Cianjur karena pergerakan Sesar Cimandiri. (ian/*/CNN Ind)