Gerhana Bulan Merah Terlama, Dibayangi Mars

BUMOE 27 Jul 2018
Gerhana Bulan Merah Terlama, Dibayangi Mars
Proses gerhana malam ini hingga dinihari nanti (28/7/2018). Dok : Express

Banda Aceh – Gerhana bulan total terlama abad ini, akan bisa diamati mulai pukul 01.20  sampai 03.45 WIB Sabtu (28/7/2018) dinihari nanti. Kebetulan, saat yang sama planet Mars akan bersinar sangat terang, membuat fenomena langit dinihari nanti akan sangat syahdu.

Gerhana bulan total terpanjang abad ini, menampilkan bulan darah yang muncul di langit belahan timur.
Gerhana terjadi saat bulan purnama ini sangat istimewa, karena juga merupakan bulan darah blood moon).

Gerhana total akan terjadi lebih dari  dua jam, namun gerhana parsial sebelum dan sesudah fase total akan menghabiskan hampir empat jam melintasi bayangan Bumi! Saat selama ini, anda bisa menyaksikan fenomena dan makna tersendiri, bagi beberapa orang akan terpengaruh secara spiritual bagi jiwanya.

Bahkan dalam beberapa kita Samawi dan hindu, ini dikaitkan dengan bencana di bumi. Bahkan ada aliran Kristen (ortodok) yang mengaitkan ini dengan kiamat. “Saya tidak mengatakan saat gerhana nanti akan kiamat, tapi gerhana ini pertanda akan akhir bumi, segera,” ujar pastor Paul Begley asal Indiana, AS.

Posisi bulan dan planet Mars dilihat dari Indonesia/Aceh. dok : astronominow!

NASA menyebut gerhana ini fenomena astronomi biasa, namun langka. Peredaran bumi, matahari dan bulan dengan posisi yang sama akan kembali terjadi pada 2143 mendatang!  “Bulan tidak selalu dalam keselarasan sempurna dengan matahari dan Bumi, itulah mengapa kita tidak mendapatkan gerhana bulan pada setiap siklus bulan,” kata Brad Tucker, astronom dari Sekolah Astronomi dan Astrophysics Universitas Nasional Australia.

“Anda akan melihat matahari terbit dan terbenamnya Bumi yang menerangi permukaan Bulan – lebih dari 350.000 km. Jika Anda berada di Bulan, Anda akan melihat gerhana matahari total karena Bumi akan menghalangi Matahari,” tambahnya.

Gerhana bulan akan tampak  di Australia, Selandia Baru, Eropa, Afrika, dan Asia. Di Amerika tidak akan tampak karena posisi serupa terjadi di siang hari.  Di negeri kita, gerhana akan terjadi tengah malam nanti, hingga Sabtu (28/7/2018) subuh.

Sementara planet Mars saat ini pada posisi garis edar ellips yang terdekat dengan bumi kita. Malam ini Mars akan mencapai salah satu titik terdekatnya ke Bumi, sekitar 35,9 juta mil jauhnya. Inilah yang membuatnya tampak begitu cerah di langit kita, sejak beberapa hari lalu. Meskipun tidak akan terlihat hampir sebesar bulan, Mars akan menjadi terbesar jika Anda melihat melalui teleskop dan mendekati kecerahan maksimumnya di langit. Mars juga aman dilihat dengan mata telanjang. (yan/***)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya