Gempa Tsunami Sulteng : 432 Meninggal, 29 Hilang

Palu – Kota Palu, Sulawesi Tengah,  paling menderita akibat gempa 7,7 SR Jumat (28/9/2018) kemarin yang diikuti tsunami. BNPB menyebut 384 orang meninggal di Palu, 29 hilang dan 540 luka. Sementara di Donggala, 48 orang meninggal.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut, jumlah korban bisa bertambah. “Itu data terakhir hari ini. Diperkirakan jumlah korban akan terus bertambah dan proses pencarian terus berlangsung,” katanya.

Para korban tsunami Palu, di tepi pantai Talise. dok : Twitter

Mirip tsunami Aceh 26 Desember 2004, puluhan mayat berjejer di tepi pantai Talise, Palu. Korban terjebak tsunami yang terjadi sekitar pukul 17.39 WIB, Jumat kemarin, denganketinggian hingga 5 meter. Tsunami disebabkan longsoran tebing laut di kedalaman 200-300 meter.

Selain menyebabkan jatuhnya korban jiwa, ratusna rumah dan bangunan rusak. Bahkan jembatan Kuning Ponulele, yang selama ini menjadi ikon Kota Palu, ambruk diterjang ombak. Kapal laut terbawa arus ke darat dan menubruk perumahan, serta kontainer terseret dari dermaga ke daratan di pelabuhan Kota Palu. (yan/*)

Jembatan Kuning Palu, sebelum dihantam tsunami. dok : google
Jembatan Kuning Palu, ambruk diterpa ombak tsunami. dok twitter
Kapal terdorong tsunami ke pemukiman penduduk. dok : twitter BNPB