Gempa Solok, Bangunan Rusak dan Belasan Luka

BUMOE 28 Feb 2019
Gempa Solok,  Bangunan Rusak dan Belasan Luka

Solok – Sebuah gempa sedang mengguncang Kota Solok, Sumatera Barat, Kamis (28/02/2019) dinihari sekitar pukul 01.56 WIB. Gempa magnitude 5.0 SR mengakibatkan  beberapa bangunan rusak dan belasan orang luka tertimpa bangunan.

Pusat gempa berada di darat, 19 kilometer Barat Daya Solok, pada kedalaman 10 km.   USGS dan Geofon mencatat  gempa pada magnitude 5.0 SR, sementara BMKG mencatat 4.8 SR.  “Ini akibat aktivitas sesar sumatera, khususnya segmen Sianok,” ujar Irwan Slamet, Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang.

Segmen Sianok melintasi ngarai Sianok, memanjang dari sisi Danau Singkarak dan Gunung Marapi. “Kecepatan pergeseran segmen ini 23 mm/tahun dengan tipe geser strike slip atau mendatar,” tambahnya.

Akibat gempa puluhan bangunan rusak, dan belasan orang terluka. “Sementara ini yang baru kita data ada 10 orang terluka,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan, Novirman seperti dikutip detikcom, Kamis (28/2/2019).

Menurut Novirman, korban gempa berasal dari Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Sangir Jujuhan. “Korban dievakuasi ke lapangan terbuka untuk mendapatkan perawatan medis sementara. Kita juga sudah mendirikan tenda darurat untuk menampung korban,” jelasnya.

Gempa susulan sempat terjadi,  Sepanjang Kamis, Solok Selatan diguncang beberapa kali gempa tektonik. Dimulai dengan gempa 4,8 pada pukul 01.55.02 Wib. Lalu disusul gempa dengan magnitudo lebih besar, yakni 5,6 Skala Richter pada pukul 06.27 WIB. (yan/*)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya