Gempa 8,2 SR Guncang Alaska, Alarm Tsunami Berbunyi

BUMOE 23 Jan 2018
Gempa 8,2 SR Guncang Alaska, Alarm Tsunami Berbunyi
Gempa Alaska 7.9 SR.

Hanya tiga jam pasca Jakarta diguncang gempa 6 pada skala Richter, jauh di kutub utara—Alaska, AS—diguncang gempa 8,2 SR. Peringatan tsunami pun dikeluarkan. Gempa di Alaska, AS terjadi pada pukul 16.34 WIB tadi sore, atau tepat tiga jam usai gempa di Banten.

Namun lembaga meteorology dan geofisika AS, USGS dan Geofon Jerman, kemudian meralat kekuatan gempa dari 8,2 menjadi 7,9 SR. Pusat gempa berada 175 mil (sekitar 300 km) tenggara Pulau Kodiak, di kedalaman 10 km. Beberapa saat usai gempa, peringatan tsunami dikeluarkan untuk bagian pantai barat A.S.

Namun hingga saat berita ini diturunkan, atau tiga jam usai gempa, belum ada laporan gelombang laut menghantam pantai di Alaska, maupun ke pantai pesisir Barat California hingga Hawai dan Jepang, yang dikhawatirkan juga berdampak tsunami.

Baca: Fortune Teller Ramal Tsunami Hebat Hantam Asia Desember 2017

Gempa 7,9 SR di Alaska. (Img Geofon)

(Img Geofon)

“Kami belum melihat sesuatu yang mengancam, atau laporan gelombang tsunami,” ujar Letnan Tim Putney, Polisi di Kodiak, Alaska. Namun warga Kodiak di anjurkan untuk mengungsi ke tempat yang tinggi, hingga malam ini. Kota di Alaska ini memiliki beberapa tempat evakuasi di ketinggian 200 hingga 300 meter di atas permukaan laut.

Seringnya gempa besar ( di atas 6 SR) di awal tahun ini, dikaitkan dengan putaran bumi yang sedikit melambat, serta ada pula yang mengaitkan dengan akan datangnya purnama bulan penuh disertai gerhana, pada 31 Januari 2018 mendatang. Namun para ahli mengatakan proses gempa adalah pergerakan dua lempeng bumi yang saling menghujam, dalam rangka melepaskan energi mereka sehingga menggetarkan kerak (bumi) di atasnya. (yan/***)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya