Gempa 7,4 SR Guncang Banten!

BUMOE 02 Agu 2019
Gempa 7,4 SR Guncang Banten!

Jakarta– Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter (SR) pada kedalaman 10 km  mengguncang Banten, pada pukul 19.03 WIB, Jumat (02/8/2019). Guncangan terasa kuat hingga ke Ibukota Jakarta dan Bandung, Jawa Barat.  BMKG mengingatkan tsunami yang kemungkinan besar akan melanda Banten hingga Provinsi  Lampung.

Namun Geofon dan USGS mencatat  gempa ‘hanya’ 6,8 hingga 6,9 SR , pada kedalaman 34-50 km, dengan kemungkinan tsunami kecil. Peringatan BMKG disambut warga Banten dengan mengungsi  ke dataran tinggi.

Warga Pandeglang, Banten dilaporkan telah ramai-ramai mengungsi  ke lokasi yang lebih tinggi, meninggalkan rumah mereka di tepi pantai. Apalagi, warga masih trauma dnegan tgempa tahun lalu yang juga menimbulkan tsunami di wilayah ini.

BMKG meminta warga waspada kedatangan tsunami yang berpotensi  sampai 3 meter, di wilayah selatan Banten, hingga Lampung.  Hingga berita ini ditayangkan, warga di sana dilaporkan maish panik, bahkan kepanikan juga terjadi di Jakarta. Warga beramai ramai ke luar gedung dan rumah, karena guncangan yang cukup keras di ibukota Indonesia itu. (yan/*)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya