Gempa 6 SR Goncang Jakarta

BUMOE 23 Jan 2018
Gempa 6 SR Goncang Jakarta
Gempa Banten.

Gempa magnitude 6,1 SR mengguncang ujung barat Pulau Jawa, dan menggoyang Ibukota Jakarta. Warga Jakarta menilai gempa ini sangat kuat, membuat sejumlah karyawan di gedung perkantoran berhamburan ke luar. “Lampu gantung di gedung Ombudsman RI bergoyang, lantai terasa bergelombang, seluruh personel dan tamu dievakuasi ke luar gedung,” kata komisioner Ombudsman RI, Alvin Lie pada detik.com.

Baca: Fortune Teller Ramal Tsunami Hebat Hantam Asia Desember 2017

“Gempa berkekuatan 6,4 (lima menit pertama) pusat gempa 81 Km barat daya Lebak, Banten. Update kekuatan gempa 6,1 SR,” kata Daryono, Kepala Bidang Informasi dan Gempa Bumi BMKG dalam keterangannya, Selasa (23/1/2018). Gempa ini tak berpotensi tsunami. Catatan Geofon sendiri, gempa ini berkekuatan 5,9 pada skala Richter.

Daryono mengatakan, gempa itu, berdasarkan kedalamannya disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di selatan Banten. Kantor Berita Antara melaporkan, Gempa bumi dirasakan di Jakarta, Selasa, pukul 13.35 WIB.  Guncangan dirasakan sekitar 2-3 menit.

Gempa bahkan tidak hanya dirasakan oleh mereka yang berada di tingkat atas gedung bertingkat, namun juga yang berada di rumah.

Banyak warganet langsung mengabarkan gempa tersebut lewat grup Whatsapp, termasuk mereka yang berada di Bekasi, Serang, dan Bandung. Belum ada laporan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Gempa bahkan menggoyang kapal penyeberangan Merak-Bakauheni, layaknya sedang melintasi badai. Para penumpang pun berteriak histeris. Namun kemudian video dan foto yang beredar di jejaring sosial WA itu ternyata kejadian lama.()

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya