Gedung Runtuh Akibat Gempa Sukabumi

Gempa Sukabumi, Selasa (10/3/2020) sore. Dok : BMKG

Pangandaran – Gempa 5.0 pada skala Richter di Sukabumi, Jawa Barat pada pukul 17.18 WIB, Selasa, 10 Maret 2020 menyebabkan gedung dan rumah runtuh di Pelabuhan Ratu, Pangandaran, Jawa Barat. Laman Facebook Kang Dedy Mulyadi, Mantan Bupati Purwakarta dan anggota DPR menyiarkan langsung kerusakan di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat.

“Semoga warga Pelabuhan Ratu Sukabumi diberikan ketabahan dalam menghadapi musibah gempa yang mendera. Mari bekerja sama meringankan derita yang menimpa mereka,” tulisnya.

Tampak warga kucar kacir dan bertakbir, di saat bersamaan gedung atau rumah rubuh akibat gempa berkedalaman 10 km tersebut. Gempa yang berpusat di darat diduga memiliki getaran cukup kuat di pusat gempa dan dangkal, sehingga memicu kerusakan di permukaan tanah.

Data dari BMKG menyebutkan, gempa terjadi 13 km sebelah timur laut Kota Sukabumi. BMKG juga mengingatkan adanya gempa susulan, meski gempa ini terjadi di darat dan tidak berpotensi tsunami. Hingga saat ini belum diketahui dampak gempa darat ini. Namun warga Bogor hingga Jakarta mengaku sempat merasakan getaran cukup kuat akibat gempa tersebut. “Terasa sekali di Kota Bogor,” ujar seorang warga Bogor, saat terjadi gempa, Selasa sore. Berikut video dampak gempa Sukabumi di Padalarang dikutip dari laman FB Kang Dedy Mulyadi :

 

(yan/*)