Elon Musk Bikin Starship ke Mars, Tiket Rp 3 M seorang!

Pesawat Starship Elon Musk, yang akan terbang ke Mars 2024. dok : SpaceX

Bos SpaceX , Elon Musk berencana menguji kendaraan turis angkasa luarnya pada April 2019 mendatang. Selain berencana mengirim manusia ke Mars, ia juga akan menyewakan pesawat luar angkasanya itu untuk wisata luar angkasa. Harga tiketnya $ 200.000, atau sekitar Rp 3 milyar sekali jalan!

Starship ini menggunakan bahan  stainless steel mirip roket Atlas. Memang ada campuran logam yang berbeda dan dengan arsitektur baru,” papar Musk di laman twitternya.

Ia menegaskan akan menguji roket dan kendaraan luar angkasanya pada Maret atau April 2019 mendatang. “Kita akan uji Maret/April mendatang di launchpad di Texas,” katanya.

Terobosan teknologi,s ekaligus peluang usaha pelancongan ruang angkasa menjadi tumpuan proyek Musk. “Ada peluang bagus, animo melancong ke luar angkasa begitu besar, walau peluang tiket sekali jalan, bukan pulang pergi juga besar sekali,” candanya.

Roket SpaceX akan mendorong pesawat ke luar angkasa, lalu melaju ke Mars bersama 8-12 penumpang di dalamnya.  Secara teknis, ada roket pendorong yang disebut Superheavy, dan Starship yang akan dilepas ketika gravitasi bumi nol di luar angkasa. Starship lalu akan menjelajah luar angkasa dnegan kecepatan di atas 18.000 mpH, atau sekitar 29.000 km/jam!

Roket Superheavy dan Starship, yang akan membawa penumpang ke mars dengan hampir 30 kali kecepatan suara. dok : Dailymail

Starship dapat melakukan misi ke sekitar bulan dan juga penerbangan jarak jauh ke Mars. Tidak akan mendarat, tapi hanya mengelilingi Mars. Elon Musk  berharap Starship bisa melakukan penerbangan tanpa awak ke Mars pada tahun 2022, kemudian penerbangan berawak pada tahun 2024 mendatang.

Di antara misi-misi itu, SpaceX telah merencanakan misi pribadi dengan seorang penumpang di dalamnya pada tahun 2023.  “Kami ingin menempatkan kargo besar di permukaan bulan pada tahun 2022,” kata kepala operasi SpaceX Gwynne Shotwell, pekan lalu. “Dan pada tahun 2024 kita baru akan menjual tiket secara komersial pada masyarakat,” katanya. Bahkan, beberapa milyuner telah mendaftarkan diri untuk membeli tiket pertama. Antriannya konon sudah mencapai 2000 orang.  Begitu besar minat membeli tiket – dengan kemungkinan — sekali jalan?  (yan/Express)