Dubes AS Untuk PBB: Mengapa Nikki Haley Mundur?

Nikki Haley. dok : yahoo

Washington – Duta Besar AS untuk PBB, Niki Haley mengejutkan peta politik AS usai minta mundur dari jabatannya, Selasa (9/10/2018). Presiden Donald Trump menerima pengunduran diri wanita turunan Amerika-India itu. Ivanka Trumph, Putri Presiden Trumph, dikabarkan akan menggantikan jabatan yang ditinggalkan Haley.

“Sudah enam bulan lalu ia membicarakan (minta resign), dia ingin istirahat,” ujar Trumph. Saat mengundurkan diri, Haley yang begitu setia pada Trump dan Partai Republik, Haley memang menyatakan “kelelahannya”. Namun publik hingga politisi di AS jelas terkejut. Ada apa?

Trump dan Nikki. dok : Yahoo

“Saya percaya semua ada batas (waktunya). Saya pikir inilah saat yang tepat untuk mundur,” ujar Haley. Anehnya, dalam pernyataannya, Haley sempat memuji Ivanka Trump dan suaminya. Ini memunculkan spekulasi Ivanka akan menggantikan dirinya sebagai Dubes AS untuk PBB.

“Ivanka cerdas dan hebat,” puji Trump untuk anaknya.  “Namun kalau saya pilih dia, pasti orang akan menuduh saya KKN,” tambahnya lagi.

Mundurnya Haley disebut karena sikap kerasnya di PBB, yang kerap memicu situasi panas dengan Rusia, hingga Timur Tengah (Islam). Ia kerap berbeda pandangan dengan penasehat keamanan John Bolton dan sekretaris negara, Mike Pompeo.

Spekulasi lain, haley ingin mencari pendapatan lebih. Ia tergoda gaji tujuh digit di sektor swasta, yang menggodanya, mengingat satu anak sedang menempuh kuliah dan satu lagi masih SMA dan segera ke perguruan tinggi.

Namun yang paling menarik spekulasi Haley sedang mempersiapkan diri sebagai capres AS 2020. Apakah ia akan mencoba melawan Trumph? Banyak yang yakin Haley bukan lawan Trumph. Haley jauh lebih pintar dari Trumph, namun ia tak pernah mendapat momen. Apakah ia mundur untuk mempersiapkan momen tahun 2020, dengan sikap partai Republik yang terbuka, baginya maupun Mike Pence sang wakil presiden, yang pasti akan dianggap serius oleh kandidat Partai Demokrat? Hanya soal waktu yang tepat, sesuai “pantun” wanita Asia-Amerika ini saat minta pengunduran diri pada Trumph, yang telah dilayanainya selama dua tahun lebih. (yan/CNN/*)