Dua WNI Positif COVID-19!

Ilustrasi virus Corona. (Pixabay)
Ilustrasi virus Corona. (Pixabay)

Jakarta – Presiden Jokowi Senin (2/3/2020) mengumumkan dua WNI positif COVID-19, atau terinfenksi virus Corona. Kedua pasien itu disebut wanita berusia 31 tahun, dan ibunya, 64 tahun.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan, kedua warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus Corona saat ini sudah menjalani proses isolasi. “(Dirawat) di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di Ruang Khusus, yang tidak terkontak dengan yang lain,” kata Terawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (2/3).

Menurut Terawan, keduanya sudah diperiksa intensif dan mendapat perawatan dalam karantina khusus (isolasi). Bahkan, rumah itu sudah diisolasi oleh pihak berwajib.

“Terkenanya di Jakarta, tapi tinggalnya di daerah Depok,” kata Terawan.

Terawan sendiri mengaku awal mendeteksi penyakit itu sejak Minggu (1/3) kemarin. Wanita itu, guru dansa yang terdeteksi mengidap penyakit mirip flu, demam dan batuk. Ia mendapat telepon dari temannya, warga Jepang di Malaysia, yang pernah berlatih bersama pertengahan Februari lalu. “Saya positif Corona,” begitu lapor si warga Jepang.

Wanita itu lalu melaporkan ke RS Mitra Keluarga Depok,  tempatnya berobat “batuk” selama ini. Ia kemudian diperiksa intensif hingga dinyatakan positif COVOD-19. Bahkan ibunya yang berusia 64 tahun ikut tertular.

Pihak RS Mitra kemudian merumnahkan 70 perawat yang menjalin kontak langsung dengan wanita saat merawatnya.  (yan/JPNN/dtc)