Dua Freegat Hampir Tabrakan, AS-Rusia saling Tuding

USS Farragut. (Foto: AFP)
USS Farragut. (Foto: AFP)

USS Farragut dari armada ke 5 AS di Laut Arab nyaris ditabrak kapal perang Rusia, Jumat (10/1/2020). “Mereka melakukan manuver berbahaya dan provokasi untuk menabrak kami,” tulis kru USS Farragut via twitter armada ke 5 US NAVY.

Armada ke-5 AS di laut Arab itu menambahkan, freegat Rusia “secara agresif” mendekati kapal perusak Amerika. “Kapal Rusia mengabaikan sirene peringatan dari kami, sehingga tabrakan nyaris terjadi”.

Namun klaim ini dibantah Kementerian Pertahanan Rusia. “Faktanya kapal AS yang melanggar aturan hukum internasional. Mereka tidak professional,” katanya. USS Farragut, sebutnya, berada di jalur pelayaran kapal Rusia, yang melanggar aturan maritim internasional.

Lihat Juga: Kedubes AS Di Baghdad Diserang, AS dan Inggris Siapkan Perang!

Kru USS Farragut merekam kejadian, yang kemudian viral di dunia, di mana terlihat kapal Rusia melaju kencang ke arah USS Farragut. “Padahal kenyataannya begitulah jalur pelayaran kapal kami,” jelas Kementerian Pertahanan Rusia. Netizen mengkhawatirkan insiden ini bisa memicu perang dunia, bila kedua Freegat negara adikuasa ini bertabrakan. Berikut videonya.(yan/RTF)