Dr M : Andai Malaysia Adikuasa, Saya Akan Embargo Trump!

Tun Mahathir Mohammad. Foto dok Twitter.

KUALA LUMPUR – PM Malaysia Dr Mahathir Mohammad kesal. Negara besar seperti AS, kerap memberlakukan embargo dagang, hingga pembatasan via WTO kepada negara-negara kecil dan berkembang. “Kalau Malaysia kuat, saya akan embargo Trump!” tandasnya di pembukaan KL Summit 2019, beberapa waktu lalu.

Bila ada dua Negara berdagang, lalu Negara besar ikut campur, “Itu kriminal,” ujarnya. Dan (hal) itu kerap dilakukan AS.  Sayangnya, menurut Tun M, Malaysia masih berjua ng untuk lebih maju dan berkembang menjadi  Negara yang mandiri. Karena itu, rakyat Malaysia harus bekerja lebih keras, pemimpinnya juga harus adil dan amanah, katanya.

“Ketika mereka (AS) mengenakan embargo atas Iran, Malaysia kehilangan peluang untuk berdagang di Iran, sedangkan Iran merupakan pasar yang cukup besar untuk negara ini. “Akibatnya catatan ekspor impor kita dnegan Iran kini nyaris nol persen,” kesalnya.

“Ini hanya boleh dilakukan oleh negara yang kuat, tetapi tidak untuk negara kecil dan lemah seperti Malaysia,” katanya.  Tun M mengatakan Malaysia kini mencoba “bangun’ dnegan menandatangani beberapa perjanjian kerjasama di bidang luar angkasa (aerospace), makanan sehat, pertahanan dan lain lain dengan beberapa negara maju di luar AS.
“Ada negara muslim yang sangat kaya, tetapi untuk bidang tertentu saja, yang mungkin kita bisa bekerjasama, khususnya di bidang pertahanan keamanan,” katanya.

“Bagi Negara muslim yang miskin, mereka hendaknya membuka isolasi bagi masuknya investasi asing yang baik bagi kemakmuran rakyatnya. Agar kita tidak jadi budak Negara adikuasa,” kata Tun M. (yan/MK/Awani)