Dosen USU ditangkap, Kaitkan Bom Teror dan #2019GantiPresiden

BUMOE 20 Mei 2018
Dosen USU ditangkap, Kaitkan Bom Teror dan #2019GantiPresiden
Himma di ruang pemeriksaan dsikrimsus Poldasu. (Foto: Tribratanews PoldaSU)

Penyidik Ditkrimsus Polda Sumatera Utara (Sumut) menangkap Himma Dewiyana Lubis alias Himma, dosen Ilmu Perpustakaan  Universitas Sumatera Utara (USU). Himma diduga menyebarkan informasi hoax soal bom tiga gereja di Surabaya, dan menyebut aksi teror itu pengalihan isu.

“Dia menyatakan bom Surabaya itu hanya pengalihan isu,” kata Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw, Minggu (20/5/2018). Himma memposting tulisannya di media sosial. Postingan itu kemudian menjadi viral dan mengundang beragam reaksi masyarakat.

Tak hanya itu, Himma juga menulis di akun Facebooknya, “Skenario pengalihan yg sempurna … #2019GantiPresiden”. Di tahanan, Himma mengaku menulis karena emosi. “Iya dia menyesal, waktu di-interogasi dia mengaku karena terbawa emosi dan sebagainya,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Titan Dirsan. Saat ini Hima masih diperiksa intensif di Mapolda Sumut.

Ia terancam melanggar tindak pidana ujaran kebencian, yakni dengan sengaja menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA), sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat 2 UU ITE. Dalam kasus ini, polisi juga telah menyita sejumlah barang bukti berupa IPhone 6S dan SIM Card pelaku. (detik.com/*)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya