Dokter Thailand : Obat Flu dan HIV Sembuhkan Pasien Corona!

Virus Corona. (Dokument John Hokpkins University)
Virus Corona. (Dokument John Hokpkins University)

Bangkok – Dr Kriangsak Atipornwanich dan Prof Dr Subsai Kongsangdao dari RS  Rajavithi, Bangkomk, mengklaim berhasil menyembuhkan psien virus Corona dengan obat flu dan HIV Aids. Seorang pasien warga China berusia 71 tahun berhasil pulih dalam 48 jam, usai diberi kombinasi obat itu.

Kedua dokter kepada Bangkok Post mengaku memberi dua jenis obat tersebut pada seorang nenek asal China yang teridap virus Corona. “Nenek ini semula dirawat di RS Hua Hin, namun kemudian dipindahkan ke RS kita, RS Rajavithi pada 29 Januari lalu,” kata mereka, Minggu (2/2/2020).

Keduanya kemudian melakukan observasi pada pasien, dan mulai menggunakan oseltamivir, sejenis obat flu yang biasa digunakan untuk mengobati virus MERS, virus syndrome pernafasan asal Timur Tengah. Obat lain juga diminumkan pada pasien yakni lopinavir dan ritonavir, yang dikenal sebabai obat anti HIV Aids.

“Kami bertanggungjawab penuh setelah menganalisa kondisi pasien. Pasien MERS juga pernah diberi rawatan dnegan obat anti flu ini, maka kami gabungkan keduanya dan hasilnya cukup efektif,” ujar keduanya.

Mereka akan mengawasi pasien selama 10 hari observasi. “Baru 48 jam kondisi pasien membaik dengan tanda tanda perbaikan fungsi pernafasan dan kesadaran yang sangat positif. Pasien boleh dikatakan telah sembuh dari symptom Coronavirus,” tambah mereka.

Keduanya mengaku telah melaporkan penggunaan obat ini pada jurnal kesehatan Thailand, dan akan menggunakan gabungan obat tersebut pada pasien coronavirus lainnya.

Hingga sata ini, di Thailand terdapat 19 pasien terdampak corona virus, seorang di antaranya telah sembuh, 18 lainnya dalam perawaan dan kondisi  mereka semakin membaik. Namun ada 38 warga lain yang masih dipantau, dan 382 warga yang dicurigai membawa benih 2019-nCov terus dilakukan penyidikan untuk diteliti apakah mereka telah teridap symptom asal China ini. (yan/CNA/*)