Cina Akan Bikin Bulan Buatan!

BUMOE 22 Okt 2018
Cina Akan Bikin Bulan Buatan!
Bulan (asli) di atas tembok Cina. foto dok : google

Chengdu Mirip cerita fiksi ilmiah, tapi ini fakta yang sedang dikerjakan pemerintah Cina. Mereka berencana meluncurkan piring raksasa yang akan menjadi bukan purnama sepanjang bulan di atas langit Cina. Bulan buatan ini akan menjadi bulan ke-dua yang akan menerangi  daratan Cina, dan akan menghemat biaya listrik penerangan jalan secara signifikan!

Wu Chunfeng, ketua Institut Sains dan Teknologi Sistem Mikro-elektronika Chengdu Aerospace, mengumumkan rencana untuk meluncurkan “bulan buatan” pada tahun 2020 mendatang. “Kami akan menghemat milyaran yuan dari pengeluaran biaya lampu jalan, dan beban BBM untuk penggerak generator listrik,” katanya  pada acara inovasi dan kewirausahaan massal nasional, yang diselenggarakan di Chengdu, Cina, pekan lalu (20/10/2018).

Chunfeng mengatakan, tujuan dari bulan palsu adalah menjadi “satelit penerangan”  sebagai  pengganti penerangan lampu jalan. Bulan buatan diprediksi  delapan kali lebih terang dari bulan yang sebenarnya. Kondisi langit konon nantinya akan di-stel mirip seperti sore menjelang senja, dan akan menjadi penerangan gratis  di malam hari.

Menurut sebuah situs online Cina,  bulan buatan dikerjakan untuk  menggantikan sumber energi tradisional bahan bakar fosil yang kian mahal. “Ini akan menghemat senilai 20 miliar yuan dalam kurun waktu lima tahun sejak peluncuran pertama,” tulis situs itu mengutip  ilmuwan Cina.

Pada tahun 1993, sebenarnya Rusia pernah  meluncurkan ‘cermin angkasa’, sebuah mekanisme iluminasi yang digunakan untuk menambah panjang hari. Cermin Angkasa (space mirror) itu menggunakan bahan plastik yang menempel pada pesawat ruang angkasa, untuk memantulkan sinar matahari kembali ke Bumi. Proyek itu secara teknis tidak berhasil. Bulan buatan itu malah menyebabkan gangguan pengamatan astronomi.  Menurut Kang Weimin, Ph.D., direktur Institut Optik di Institut Teknologi Harbin, cahaya bulan buatan itu setara dengan malam yang cerah di bulan purnama.  (Setiap) malam yang indah, atau malah menjadi aneh dan menakutkan? (yan/galaxy monitor)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya