Breaking News: NASA Temukan Tata Surya Mirip Kita!

Lembaga antariksa AS, NASA akhirnya mengumumkan temuan ssitim tata surya mirip kita, Kepler90 dengan delapan planet yang mengorbitnya. Namun tata surya ini dua kali lebih besar dari sistim tata surya kita, termasuk ‘matahari’nya.

Lama mengobservasi melalui teleskop Kepler, proyek NASA bersama Google ini akhirnya mengakui telah menemukan tata surya kedua di galaksi kita, yang memungkinkan adanya makhluk hidup di sana. Kepler 90 berupa matahari dua kali lebih besar dari matahari kita, dengan delapan planet (kemungkinan lebih).

Salah satu planet dengan posisi mirip bumi – planet ke tiga – diberi nama Kepler 90i, yang memiliki komposisi persis bumi yang selama ini disebut sebagai planet Exo (yang memiliki air dan kemungkinan adanya makhluk hidup di sana). “Tapi untuk saat ini manusia sulit hidup di sana, suhunya yang masih cukup panas karena mataharinya yang cukup besar energinya,” ujar Andrew Vanderburg, astronom dari universitas Texas, AS. Atmosfiernya begitu tipis, dan suhu permukaan lebih 400 derajat celcius. Ini tahapan baru terbentuknya planet exo. “Milyaran tahun kemudian, seiring menurunnya energy Kepler90, suhu planetnya bisa ideal seperti di bumi,” tambahnya. Besar planet Kepler 90i sendiri 30 persen lebih besar dari planet bumi.

Kepler 90i, masih cukup panas dan permukaannya masih berbentuk bebatuan panas

Penelusuran tata surya ini menggunakan Google AI, dengan ke-akuratan 96 persen. “Kita mengambil 15.000 data signal dari sistim tatasurya itu, lalu kita sesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya,” ujar  Christopher Shallue, insinyur software utama  Google AI di Mountain View, California.

Kita juga meneliti 670 sistim bintang lainnya, namun baru ini temuan yang besar sekaligus memastikan adanya sistim tatasurya lain yang mirip tata surya kita di alam semesta ini. “Kita akan melanjutkan penelitian ke sistim bintang lain, dan dengan metoda ini kita yakin akan menemukan lebih banyak lagi sistim tatasurya serupa kita di luar sana,” papar Chistopher Shalue. (Daily Mail/*)