Boeing 737-800 Tergelincir di Turki, 155 Luka

Boeing 737-800 tergelincir dan terbelah dua di Bandara Istanbul, Turki. Foto AFP/Mirror

Istanbul – Sebuah pesawat komersial milik Pegasus Airpines terbelahtiga usai mendarat dalam hujan deras di Bandara Sabica Gokcen, Istanbul, Turki, Rabu (5/2/2020) malam. Rekaman menunjukkan pesawat tergelincir lalu terbelah tiga dan terbakar.

Pesawat itu hendak mendarat, namun kemudian ke luar landasan dan pecah menjadi tiga bagian. Para penumpang yang yang selamat berteriak histeris tampak dikeluarkan dari badan pesawat. Pesawat itu disebut membawa 177 penumpang dan enam awak. Dua pilotnya disebut luka serius, bersama beberapa penumpang kritis di bagian badan pesawat yang terbelah.

Penumpang keluar lewat dinding yang terbelah dan kursi yang berantakan. foto : AP

Juru bicara Pegasus Airlines, perusahaan pemilik pesawat low cost airlines Turki membenarkan peristiwa itu. Selang beberapa menit, unit pemadam kebakaran berhasil memadamkan api, dan petugas medis darurat juga sudah berada di lokasi kecelakaan.

Saat ini bandara telah ditutup, penerbangan dialihkan ke bandara utama Istanbul.  Menteri Transportasi Turki, Mehmet Cahit Turhan mengatakann tidak ada korban jiwa dalam pesawat dengan 177 penumpang itu. “Hanya ada yang luka. Kecelakaan itu terjadi sebagai akibat dari pendaratan pesawat yang keras (hard landing),” katanya.

Pesawat mendarat dalam hujan dan angin kencang. Akibatnya pesawat tak bisa berhenti, dan menabrak ke luar pembatas runway, dan terbelah tiga. Para penumpang tampak berdarah ke luar dari dinding pesawat yang terbelah.

Selang beberapa jam sebelumnya Turki juga dilanda banjir dan longsoran salju, menyebabkan 21 orang meninggal. Tim penyelamat berhasil menyelamatkan dua orang dari longsoran salju es, sementara satu minibus beserta penumpang diyakini masih tertimbun salju.

Berikut video amatir detik detik Boeing 737-800 Pegasus Airlnes Turki tergelincir ke luar landasan dan pecah tiga :

(yan/mirror/express)