Bosch Perkenalkan Shuttle Bus Pintar!

Bosch Shuttle Bus. (Bosch)
Bosch Shuttle Bus. (Bosch)

Las Vegas – Perusahaan Bosch Jerman memperkenalkan sebuah bus unik, berpenggerak tenaga listrik dan bergerak otonom, dalam Car Ekshibisi Show (CES) di Las Vegas, Rabu (9/1/2020). Bus listrik ini menampilkan layar interaktif yang terhubung ke internet bagi setiap penumpang.

Bus juga dilengkapi kamera pintar, sehingga akan memberi peringatan audio, bila penumpang ketinggalan barang. Bahkan kamera bisa mendeteksi bila ada permen karet yang tertinggal di kursi penumpang. Tampaknya bus ini diperuntukkan bagi antar jemput penumpang di bandara atau sekolah.

Baca Juga: Mobil Pintar Toyota Diuji Tahun 2020

Shuttle Bus made Bosch yang canggih. (Gambar Bosch)
Shuttle Bus made Bosch yang canggih. (Gambar Bosch)

Tak kalah menakjubkan Sony Vision S, yang kini bermain di mobil listrik. Sony yang selama ini hanya membuat software, kini membuat perangkat kerasnya sendiri, sehingga lebih ter-integrasi dalam sebuah produk yang murni buatan Sony.

Kembali ke bus buatan Bosch, yang disebut Shuttle Bosch, bus medium ini dilengkapi dengan radar, sensor ultrasonik, sistem kontrol pengereman, dan komponen power steering yang juga bisa berfungsi otonom. Bila dipakai di bandara, sistim perangkat lunak akan berhungan dengan maskapai, sehingga dapat mengecek nama dan jumlah penumpang, serta lokasi pesawat parkir.

Ini dia, Jeep Wrangler 2030

“Di masa depan, setiap kendaraan di jalan akan menggunakan layanan digital Bosch,’ kata Dr Markus Heyn, seorang pejabat perusahaan Bosch, Jerman.

Interior bus pintar Bosch. (Gambar Bosch)
Interior bus pintar Bosch. (Gambar Bosch)

Interior terlihat snagat futuristic, desainnya ringan, lapang namun minimalis, serta lapisan interior yang serba bling dari bahan fiber dan kaca. Ada juga jendela samping yang besar untuk memberikan tampilan luar terbaik ke empat penumpang dalam satu baris kursi.

Herannya, bila bus otonom ini dipakai di bandara, apa gunanya layar monitor pribadi serba sentuh dan lengkap wi-fi, untuk ditonton sendiri atau bersama dalam satu baris kursi. Toh perjalanan antar jemput dalam bandara cukup dekat. Tapi begitulah, sangat memanjakan penumpangnya.

Tentu bukan saja untuk menonton, tapi bisa mengecek berita terakhir, jadwal perjalanan hingga cuaca sepanjang perjalanan pesawat via layar monitor tersebut. “Bahkan di masa depan, kita menginginkan dapat melakukan apa saja dari dalam shuttle bus ini via monitor itu, mulai dari video call hingga transaksi belanja,” ujar Markus. Namun, entah kapan bus pintar ini beroperasi. Apalagi di Indonesia?(yan/DM)