Bolehkan Wanita Mengemudi, Pangsa Mobil Saudi Naik

BUMOE 25 Okt 2017
Bolehkan Wanita Mengemudi, Pangsa Mobil Saudi Naik

Usai kebijakan membolehkan wanita mengemudi di Saudi Arabia, mulai 2018 mendatang, pangsa otomotif di Saudi dipastikan akan meningkat tajam. Pengamat memperkirakan setidaknya permintaan mobil di Saudi akan meningkat  60 ribu unit mobil pertahun.

Selama ini, pangsa mobil di Saudi sudan tinggi, dengan kenaikan rata-rata 12 persen per-tahun. Tahun 2016 misalnya, 716.100 unit mobil laku di Saudi, dan umumnya mobil mewah! Walau biaya hidup mahal, namun pemerintah Saudi memberlakukan subsidi besar bagi warganya, hingga harga BBM yang sangat murah. Hingga Agustus 2017, hampir 400 ribu unit mobil terjual di Saudi. Tahun 2018, diperkirakan pasar akan meningkat tajam, akibat kebijakan Raja Salman yang memperbolehkan wanita mengemudi.

Dari sekitar 30 juta jiwa warga Saudi, terdapat 14 juta kaum wanita. Setidaknya ada lebih 6 juta wanita Saudi berusia antara 20-50 tahun yang siap jadi ‘ratu jalanan’ di tahun 2018 mendatang.  Pangsa pasar yang besar ini membuat puluhan industri otomotif dunia, bersiap siap ‘menyerbu’ Saudi.

“Kami perkirakan pasar akan melonjak jadi 850 ribu kendaraan di tahun 2018, dan terus meningkat hingag di atas satu juta mobil pertahun di tahun tahun berikutnya,” tulis IHS, lembaga riset ekonomi global. (TNT/yan)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya