Boeing Valkyrie II, Berkecepatan Lima Kali Suara!

BUMOE 03 Feb 2018
Boeing Valkyrie II, Berkecepatan Lima Kali Suara!
Pesawat Boing Hypersonic Valkyre II, Mach 5. (Doc Boeing)

Boeing mengungkapkan sebuah konsep desain pesawat pengintai, yang bisa terbang lima kali kecepatan suara. Pesawat ini diminati USAF sebagai pengganti pengintai SR-71 Blackbird, yang bisa terbang Mach 3, atau tiga kali kecepatan suara. Pada kecepatan hypersonic ini, akan terjadi gelombang kejut (sonic boom) saat melintasi kecepatan suara.

Konsep Boeing  disebut “Valkyrie II“, yang menurut Guy Norris di Aviation Week, sudah final, meski Boeing belum memberi lampu hijau bagi pengembangan pesawatnya itu. Boeing akan membuat konsep dulu, seukuran F-16 Flyng Falcon, sebelum membuatnya pada skala penuh.

Proyek hipersonic Boeing ini, akan bersaing langsung dengan Lockheed Martin, yang membangun SR-71 dan merencanakan penerus, SR-72. Desain Boeing dan Lockheed sangat mirip. Keduanya berencana menggunakan mesin siklus kombinasi, yang menggunakan turbojet konvensional untuk meningkatkan kecepatan. Ditambah lagi ramjet ganda/scramjet, untuk membuat lompatan daya dorong ke kecepatan hipersonik. Boeing bekerja sama dengan Orbital ATK untuk mengembangkan mesin, sementara Lockheed telah bermitra dengan Aerojet Rocketdyne.

Aviation Week melaporkan, sementara Boeing akan memodifikasi desain hipersoniknya, beberapa tonjolan termasuk hidung pesawat kemungkinan akan berubah, Loockheed Martin langsung akan mengembangkan SR-72 sebagai pesawat tanpa awak. Tinggal siapa yang dipilih USAF, Angkatan Udara Amerika Serikat. (yan/Aviation Week & Space Technology)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya