Blackbox Boeing 737 MAX8 PK-LQP Ditemukan, Penyebab Jatuhnya JT610 Akan Terungkap?

Jakarta – Para ahli dari KNKT atau NTSB akhirnya memiliki kemungkinan mengungkap kebenaran penyebab jatuhnya Boeing 737 MAX8, Lion Air JT 610, pada Senin (29/10/2018) kemarin.  Tim penyelam telah menemukan Black box, di koordinat berdasarkan sinyal ping , oleh penyelam TNI AL, yang bergabung di KM Baruna Jaya I, Kamis pagi (01/11/2018).

Black box atau kotak orange berisi CVR, FDR, ditemukan 500 meter dari titik fokus pencarian, sekitar dua meter di dalam lumpur. “Kami ikuti alat, kami kecilkan areanya, lalu pada tempat yang alatnya menimbulkan bunyi paling besar kami gali, dan ternyata kami temukan black box,” ujar Sertu Hendra, prajurit TNI AL yang pertama mengkonfirmasi temuan black box itu.

Titik koordinat black box ditemukan. foto dok news.com.au

Pencarian black box dilakukan juga dengan menurunkan kapal selam robot (ROV) dan ping locator.  Pencarian  sempat terkendala akibat arus kencang di bawah laut. Sebelumnya diperkirakan black box berada pada kedalaman sekitar 32 meter.

Banyak teori ilmiah pakar hingga warga mengenai sebab jatuhnya Boeing 737 MAX8 PK LQP ini. Namun para pakar penerbangan sepakat, tidak ada jawaban pasti penyebab jatuhnya pesawat yang membawa 189 penumpang dan awak itu, sebelum kotak hitam pesawat ditemukan dan dibaca.

Kegagalan mekanis pada mesin hingga flight control mungkin menjadi penyebab, seperti analisa banyak pakar hingga media, sesuai data awal dari aplikasi radar online, maupun percakapan terakhir pilot dengan ATC. Namun, CVR, FDR  benar benar akan membuka suasana dalam pesawat, semua data penerbangan terakhir hingga yang paling penting, suasana dan percakapan di cockpit. Butuh mental kuat untuk membaca data dan mendengar semua suara terakhir di ruang cockpit PK LQP itu, khususnya di detik detik terakhir. (yan/dtc/news.com.au)