Bisakah Android Dijalankan pada iPhone?Corelium : Bisa!

Android di atas sistim oeprasi untuk iPhone. foto dok : AP/news.com.au

Sebuah perusahaan virtualisasi perangkat seluler, Corellium, berhasil menjalankan android pada telepon selular iPhone, yang biasanya bekerja dengan system operasi khas, IOS. Proyek ujicoba ini disebut Project Sandcastle.

Corellium menyebut proyek ini sebagai “platform pertama dan satu-satunya yang menawarkan virtualisasi seluler di ARM”. ARM adalah arsitektur komputasi yang mendukung sebagian besar perangkat seluler dan sama dengan prosesor Apple serta chip smartphone lainnya.

Salah satu pendiri Corellium, David Wang, awalnya melakukan peretasan sekitar tahun 2010 lalu, dengan  memasang Android pada iPhone generasi pertama. Wang lalu mengulanginya lagi pada iPhone generasi anyar.

Apple tahu, dan Desember 2019 lalu mengajukan gugatan atas copyright Act (DMCA) untuk menghentikan aksi Wang dan perusahaannya.

“Apple menggunakan kasus kami ini sebagai  percobaan untuk menghalangi peretasan. Mereka menghadang jailbreak public, katanya bukan hanya untuk menghadang aksi kami saja,” aku CEO Corellium, Amanda Gorton.

“Jailbreaking” adalah proses meretas iPhone atau perangkat Apple lainnya untuk menghindari pembatasan perangkat lunak yang diberlakukan oleh perusahaan itu via sistim operasi IOS .

Pembatasan dilakukan Apple untuk melindungi perangkat lunak dari serbuan malware, yang bisa melindungi iPhone dari crash. Namun ya itu tadi, “area main” iPhone jadi terbatas tak sebebas sistim operasi di Android.

Jailbreaking atau rooting yang dilakukan Wang cs, memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi dari tempat lain selain toko aplikasi Apple. “Project Sandcastle ingin membangun system baru pada perangkat keras (hardware) Anda yang dibatasi,” demikian tulis situs web Project Sandcastle milik Corellium.

“IPhone membatasi pengguna untuk beroperasi secara terbatas. Ketika Anda membeli iPhone, Anda menambahkan system operasi Android untuk iPhone, akan  memberi Anda kebebasan untuk menjalankan sistem operasi yang berbeda pada perangkat keras itu. Dunia Anda jadi bertambah luas, dengan perangkat tenar itu,” tulisnya lagi.

“Tantangan besar adalah perangkat keras Apple tidak standar bsehingag sulit diretas. Kami tahui banyak perangkat lain di luar Apple, tapi untuk Apple,  kami masih harus bekerja keras untuk membangun driver untuk itu, ”kata Wang kepada Forbes.

Walaupun sejauh ini Wang cs berhasil menginstal Android pada Aplle, namun mereka masih belum bisa mengkoneki kamera serta mengisntal aplikasi  Google Play Store. Apalagi, bila Abda merestart kembali iPhone Anda, maka ia akan kembali bekerja dalam sistim IOS.

Apalagi, mengingat  Apple saat ini menggugat Corellium atas peretasan ini, serta fakta perangkat keras Anda berpotensi bermasalah dan rentan menjalankan Android, mungkin Anda harus berfikir dua kali untuk mencoba menjalankan Android pada iPhone Anda. Bisa sih bias, tapi resikonya besar. Mungkinkah Collesium aatas hal ini dan peretasan lainnya, ditambah dengan fakta bahwa Anda berpotensi merusak perangkat Anda atau membuatnya rentan dengan menjalankan Android di atasnya, Anda mungkin ingin berpikir dua kali untuk melakukannya.

Bisa sih bisa, tapi Corellium harus bekerja lebih keras untuk memberi jaminan Android benar benar aman dijalankan di atas perangkat berbasis IOS. Mungkinkah? (red/news.com.au)