Bersiaplah Naik Pesawat (Bertenaga) Listrik!

Masa depan pesawat terbangpun diyakini akan berubah dari pemakaian mesin berbahan bakar minyak menjadi  mesin listrik. Adalah Wrigth Electric bekerjasama dengan low cost airline Inggris, Easy Jet, mengumumkan kerjasama mendesain pesawat listrik!

Wujudnya harus sebuah pesawat komersial yang mampu mengangkut 150 penumpang untuk jarak 500 km, atau pesawat komuter. Idealnya akan digunakan untuk jarak sependek antara New York-Boston, atau dari London ke Paris, atau dari Seoul ke Jeju di Korea Selatan. Kalau untuk perbandingan kita, antara Banda Aceh-Lhokseumawe-Medan.

Wright One Easy Jet

“Memang kita rancang untuk jarak pendek, tapi tentu dengan efesiensi yang sangat tinggi, dan terpenting clean energy,” sebut CEO Easy Carolyn McCall, baru baru ini.

Penumpang boleh berharap pada harga tiket yang semakin murah, karena pesawat tidak lagi menggunakan avtur. “Selama karir saya, proyek ini adalah mimpi. Kita berharap pesawat(komersial) listrik ini akan segera terealisir, dan kami akan menjadi yang pertama,” ujar Carolyn.

Kedua perusahaan ini sudah punya nama untuk pesawat mereka : Wright One! Fuselage dan bentuk secara keseluruhan amat mirip dengan pesawat komersial komuter biasa, sebut saja Boeing 737. Hanya saja, Wright One digerakkan oleh tenaga baterai. Selamat datang era baru penerbangan komersial! (Futurism/*)