Astaga, Ternyata Rudal Punya Ukraina!

TASS 55793957
Puing rudal yang jatuh dan meledak di Polandia, Foto dok : TASS

Washington DC – Informasi terbaru dari pejabat dan intelijen Amerika Serikat (AS), menunjukkan rudal yang jatuh di Polandia dan menewaskan dua orang, ditembakkan oleh pasukan Ukraina. Menurut para pejabat AS itu, rudal itu ditembakkan oleh Kiev saat mereka menghalau serangan rudal Rusia.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (16/11/2022), informasi itu diungkapkan oleh tiga pejabat AS yang tidak bisa disebut identitasnya, karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka.

Tiga pejabat AS mengatakan, penilaian awal menunjukkan rudal itu ditembakkan oleh pasukan Ukraina terhadap satu rudal Rusia yang datang di tengah salvo yang menghancurkan terhadap infrastruktur listrik Ukraina pada Selasa (15/11) waktu Ukraina,” lapor Associated Press.

Ukraina, yang sebelumnya merupakan bagian Uni Soviet,  masih memiliki persenjataan era Uni Soviet, termasuk sistem rudal pertahanan udara SAM-300. Namun hingga kini, media media barat belum menulis bantahan ini, dan mengalihkan isu populis lainnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Polandia, dalam pernyataan pada Selasa (15/11) malam waktu setempat (Rabu pagi WIB), menyebut sebuah ‘rudal buatan Rusia’ jatuh di desa Przewodow, yang terletak dekat dengan perbatasan Ukraina. Rudal itu dilaporkan meledak hingga menewaskan dua warga Polandia.

Namun Kementerian Luar Negeri Polandia tidak menjelaskan lebih lanjut soal jenis rudal atau dari mana rudal itu ditembakkan. Sedangkan Presiden Andrzej Duda menyatakan belum ada bukti jelas yang menunjukkan siapa yang menembakkan rudal itu, meskipun dia menegaskan rudal itu ‘kemungkinan besar buatan Rusia’.  (dtc/*)