Astaga, Pesan WA ini Bikin Smartphone Rusak!

BUMOE 12 Mei 2018
Astaga, Pesan WA ini Bikin Smartphone Rusak!

Hampir semua pemilik smartphone memakai aplikasi chatting WhatsApp. Namun hati-hati! Kini beredar pesan yang bisa bikin smartpone kamu rusak, paling kecil melambat atau bahkan crash.

Pesan bug itu kelihatan sederhana, namun cukup berbahaya karena menyembunyikan ribuan perintah sederhana untuk membebani memori smartphone Anda. Hati-hati bila anda mendapatkan pesan sederhana ini : “This is very Interesting!  😂 Read More”.

Pesan WA yang bisa memperlambat atau merusak smartphone Anda. foto dok google

Setelah seseorang menekan “Read More”, smartphone  akan segera melambat dan dalam banyak kasus benar-benar crash, memaksa pengguna untuk me-restart telepon mereka.

Bug ini sangat menyebalkan, walau tak berbahaya secara langsung dibandingkan dengan cara yang sama seperti peretas membebani situs web dengan lalu lintas yang kacau. Pesan ini membebani smartphone dengan kode tersembunyi.

Menurut pembuatnya,  bug itu hanya bekerja pada PC Windows dan smartphone Android saat ini. Facebook Messenger muncul untuk memblokir pesan, karena mendeteksi potensi berbahaya, dan iMessage tampaknya tidak mengenali bug ini juga.

Namun pesan WhatsApp yang benar-benar berbahaya adalah yang mengandung tautan yang sebenarnya. Selama bertahun-tahun, para peretas telah menggunakan pesan round robin sederhana yang kemudian berisi tautan yang ketika dibuka, akan mengunduh virus ke ponsel cerdas.

Memang,  ‘bom teks’ ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan kecil, namun sangat merugikan. Kabar baiknya bug ini tidak mungkin menyebabkan kerusakan permanen pada ponsel Anda selama Anda menghapusnya, begitu Anda menerima pesan tersebut. (yan/msn)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya