Astaga! Kepedasan Bisa Bikin Otak Mengkerut!

BUMOE 10 Apr 2018
Astaga! Kepedasan Bisa Bikin Otak Mengkerut!
Lomba makan Cabai, sambil berendam di air cabai, di Cina. Foto dok : google

Banyak orang Asia suka pedas. Tak sah makanan tanpa rasa pedas, dan pastinya tak sedap rasa makanan tanpa cabai. Di berbagai negara, mulai AS hingga Cina, kerap diadakan lomba makan cabai.

Padahal, menurut para ahli, ketahanan orgam tubuh terhadap rasa pedas ada batasnya. Bila berlebihan, malah bisa mengundang bahaya! Ini yang terjadi pada seorang pria di AS, yang harus di-opname usai mengikuti pertandingan makan cabai.

Pria berusia 34 tahun mengalami sakit kepala yang amat sangat (thunderclap headaches) usai mengikuti lomba makan cabai jenis Carolina Reaper, dalam sebuah pertandingan di AS. Pria yang tak disebut namanya ini awalnya merasa mulutnya terbakar kepanasan. Hal yang biasa usai makan cabai bukan?

Namun kemudian ia mengalami sakit kepala berlebihan, bahkan hingga beberapa hari kemudian kerap pening dan kejang urat leher. Tak mampu menanggung sakit, ia dibawa ke RS. Ia masuk UGD dan kemudian menjalani test neorologi.

Carolina reaper, cabai terpedas di dunia. Foto : dok Awani

Hasil CT Scan kepala dia disebut mengalami pengerutan otak cerebral balik (RCVS), di mana arteri tertumbuk mengakibatkan sakit kepala yang amat sangat. Baru satu minggu kemudian, hasil CT Scan kedua menunjukkan jarngan otaknya kembali normal.

Menurut The Guinness World Record, Carolina Reaper adalah cabai paling pedas di dunia, dengan nilai kepedasan 1.569.300 Scoville, berbanding 2.500 – 5.000 pada cabai biasa. Mau coba? (Awani/*)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya