Astaga! Covid-19 Menyasar Bagian ini di Tubuh Anda!

Ilustrasi virus corona. (IST)
Ilustrasi virus corona. (IST)

Sudah umum diketahui, Covid-19 menyebabkan batuk, pilek, dan kesulitan bernafas. Kajian awal mengenai Covid-19 menunjukkan virus itu berupaya menyerang beberapa organ tubuh, seperti jantung dan otak serta tentu saja sistem pernafasan.

Namun ilmuwan juga menemukan bahwa setiap strain Covid-19 mungkin mempunyai beberapa persamaan, tetapi ia juga mempunyai patogen yang unik,  yang memberikan akibat berbeda pada tubuh manusia, Apalagi virus ini telah bermutasi pada beberapa jenis virus baru yang kompleks.

Baca Juga: Nenek 104 tahun “Menang” Lawan COVID-19

Sistem pernapasan, terutama paru-paru terbukti menjadi sasaran utama berkembangnya virus ini. Virus yang bermula di sebuah pasar Ikan di Wuhan ini juga menyerang bagian tubuh lain, di antaranya:

1. Jantung

Kajian terhadap 400 kasus di Wuhan, China mendapati seperlima dari pada pasien mengalami kerusakan jantung, yang ikut menjadi sebab lain pasien akhirnya meninggal.

Meredith Wadman, ahli pandemik di jurnal Science, menulis serangan virus ini melalui saluran darah yang rusak ke jantung akibat kekurangan oksigen. Awalnya memang akibat kerusakan pada paru-paru.

2. Saluran darah

Jika saluran darah menjadi sasaran Covid-19, maka bisa menjelaskan mengapa penderita hipertensi mengalami resiko tinggi bila terpapar virus ini.

Kajian yang diterbitkan Thrombosis Research menjelaskan wujud sekatan saluran darah (clog) dari para pasien Covid-19 yang pecah akibat pompa darah yang terpacu.

3. Otak dan sistem saraf

Lebih 30 persen dari 214 pasien Covid-19 yang diteliti di Wuhan menunjukkan simptom kehilangan rasa, penciuman maupun penglihatan. Hasil kajian ini memberi indikasi bahwa virus ini mungkin menyerang saraf otak.

Kondisi neurologi seperti sawan, strok, masalah penglihatan dan kecederaan otot turut dialami segelintir kalangan pasien Covid-19 yang lain.

4. Saluran pencernaan

Kajian yang diterbitkan di jurnal Gastroenterology menunjukkan wujud kesan virus COVID-19 dalam feces pesakit. Mencret adalah gejala umum dari penderita Covid-19.

(Awani/red/*)

Ikuti berita Covid-19.