Astaga, Asteroid Besar Melintas Dekat Bumi, Besok!

BUMOE 15 Des 2017
Astaga, Asteroid Besar Melintas Dekat Bumi, Besok!

Lembaga Antariksa AS, NASA telah mengingatkan datangnya asteroid ini, 3200 Phaeton. Asteroid yang sangat besar, serupa yang pernah menghancurkan kehidupan di bumi era Dinosaurus. Kini, asteroid yang diberi nama 3200 Phaeton, berdiameter 5 kilometer datang lagi! NASA menggolongkannya sebagai asteroid yang sangat berbahaya.

Asteroid ini akan melintas paling dekat ke bumi pada tanggal 16 Desember 2017, Sabtu, pada pukul 22 GMT (atau sekitar pukul 17.00 sore WIB). Jaraknya diperkirakan sekitar  10 juta km dari planet kita. Kedengarannya jauh, tapi untuk ukuran astronomi, jarak itu ‘cukup dekat’.

Jubir NASA mengatakan, asteroid ini ditemukan tahun 1983 dan digolongkan sebagai asteroid yang ‘berbahaya’ bagi bumi. NASA akan mempelajari potensi pengulangan persinggahan asteroid ini selanjutnya, dan kemungkinan semakin dekat dengan planet kita.

Asteroid ini diambil dari mitologi Yunani, Dewa Matahari Helios Phaeton, karena lintasan orbitnya dekat matahari.

“Pelintasan berikutnya diperkirakan tahun 2093 mendatang, dan akan melintas dalam jarak semakin dekat dengan planet kita. Mungkin sekitar 1 juta km saja,” jelas jubir NASA. Asteroid 3200 Phaeton ini sempat membingungkan para ilmuwan, karena konstruksi dan fiturnya mirip antara komet dan asteroid.

Astronom dari Baltic Federal University,  Immanuel Kant mengatakan, asteroid ini sebelumnya jauh lebih besar. “Tapi gesekan dalam orbit antara Mars dan Jupiter, serta pengaruh gravitasi matahari membuat materi kulitnya menjadi debu angkasa, dan semakin mengecil,” katanya. Bahkan, pecahan kecil menjadi hujan meteor yang menimpa planet-planet dalam tatasurya kita, termasuk bumi. (DM/*)

 

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya