AS Setujui Jual Satu Skadron F-35B ke Singapura

F-35B Lightning yang akan memperkuat AU Singapura. (Dok : google)
F-35B Lightning yang akan memperkuat AU Singapura. (Dok : google)

Singapura – Pemerintah AS, termasuk Konggres sudah menyetujui untuk menjual  12 unit pesawat tempur canggih F-35B Lightning untuk Singapura. Pemerintah Singapura telah menyiapkan dana $ 3.71 Singapura (sekitar Rp 4 trilyun) untuk pembelian alutsista baru menggantikan F-16 Fighting Falcon yang dinilai telah usang.

F35B adalah pesawat tempur berkemampuan Stealth (siluman), dan bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal (VTOL). Jet tempur generasi ke lima ini, mampu terbang pada kecepatan maksimal  Mach 1,6 (1960 km/jam) pada tinggi jelajah maksimal 50.000 kaki.

Spesifikasi F-35B Lightning. (Foto: Google)
Spesifikasi F-35B Lightning. (Foto: Google)

Ia mampu membawa berbagai senjata, mulai rudal udara ke udara (AIM 120 C & AIM-9X Sidewinder) untuk dogfight di udara, serta bom berpandu laser GBU-31. F-35B juga dilengkapi senapan mesin di moncongnya, GAU-22/A berkaliber 25 mm.

Konon negeri jiran Singapura akan menggunakan pesawat canggih ini untuk mengawal perbatasan mereka dengan negara tetangga, Malaysia, Indonesia, Brunei serta China. Indonesia sendiri masih menggunakan jet tempur F-16 Fighting Falcon buatan AS, di skadron Udara Pekanbaru, yang  beberapa waktu ditugaskan untuk memantau perairan Natuna.

Namun Indonesia beberapa tahun lalu sudah menggunakan jet tempur canggih dan beroto buatan Rusia, Sukhoi SU-27 Flanker dan SU-30 MK2 Flanker C, yang meski tidak berkemampuan stealth dan VTOL, namun lebih bertenaga, memiliki kemampuan tempur unik dan cruise speed yang jauh lebih cepat dari F-35B. (yan/CNA)