Aliens, Harus Ditakuti atau Harapan (Hidup) Baru?

BUMOE 22 Feb 2018
Aliens, Harus Ditakuti atau Harapan (Hidup) Baru?
Ilustrasi UFO. (Google Image)

Hampir semua ilmuwan dan astronom yakin, ada kehidupan lain di luar sana, mengingat ada milyaran bintang, trilyunan planet, di galaksi kita saja. Apalagi, dengan ditemukan bukti planet serupa bumi, berjumlah ratusan ribu, di luar tata surya kita.

Ada ribuan bukti penglihatan UFO (Unidentified Flyng Object), walau belum satupun bukti konkrit pertemuan dengan makhgluk asing itu, yang terekam kamera dengan jelas. Bertemu Aliens, mirip bertemu hantu atau jin? Tapi secara ilmiah pula, banyak bukti temuan tentang piring terbang, lokasi rahasia seperti area 51, serta crop cyrcle yang misterius. Adalah professor Stephen Hawking, ilmuwan Inggris popular yang menyarankan agar kita hati-hati bila bertemu, atau berkomunikasi dengan aliens. Haruskah kita takut, atau gembira bila aliens datang ke bumi kita?

Sebuah crop circle, yang sulit dipercaya bikinan manusia bumi. (Foto: Ist)

Sebuah crop circle, yang sulit dipercaya bikinan manusia bumi. (Foto: Ist)

Akademisi Arizona State University, Asisten Profesor Psikologi Michael Varnum mengatakan sejauh ini di AS banyak rekasi poitif akan kedatangan makhluk luar bumi ke planet kita ini. “Kita oiptimis mereka baik, dan bisa memajukan peradaban bumi,” katanya.

Profesor Varnum dan rekannya menggunakan program komputer, menganalisis berita surat kabar tentang laporan masa lalu tentang UFO. Ia juga meneliti laporan tahun 1996, mengenai penemuan mikroba di Mars, pesawat induk aliens di sekitar matahari kita (yang katanya mengisi energy dari panas matahari) pada tahun 2015, serta kemungkinan  adanya makhluk asing yang melebur dalam kehidupan manusia, pada tahun 2017 lalu.

Terakhir, mereka juga menganalisis asteroid Oumuamua, yang diyakini ilmuwan sebagai sebuah pesawat antariksa yang kehabisan bahan bakar. “Hasilnya (di AS), banyak sambutan positif daripada negative akan adanya makhluk lain di luar planet bumi kita,” ujarnya.

Planet aliens. (Dok: Google Image)

Planet aliens. (Dok: Google Image)

Varnum bertanya pada 500 orang, reaksi mereka mengenai UFO dan fakta temuan-temuan yang mengarah pada keberadaan makhluk asing itu. “Saya gembira hasilnya, banyak yang menyambut positif kehadiran aliens di bumi,” katanya. Banyak publik di AS, katanya, sebenarnya ingin hidup di sebuah planet yang lebih bagus ketimbang bumi yang sudah renta. Aliens satu-satunya harapan, kalau ada.

“Banyak yang kini yakin, alam semesta penuh dengan kehidupan. Namun selama beberapa dekade para astronom telah ‘menyapu’ langit dengan teleskop radio, berharap bisa menemukan pesan dari ET. Namun sejauh ini, yang mereka temukan adalah ‘keheningan yang mengerikan,” ujar Varnum.(yan/*)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya