AirspaceX, Taksi Terbang Akan Penuhi Udara Tahun 2025

BUMOE 27 Jan 2018
AirspaceX, Taksi Terbang Akan Penuhi Udara Tahun 2025
MOBi-ONE. (AirspaceX.com)

AirSpaceX memamerkan MOBi-ONE, drone listrik mereka di North American International Auto Show, awal Januari 2018 lalu. Taksi terbang otopilot bertenaga listrik ini mampu membawa 2-4 penumpang, sampai 100 km, dengan kecepatan maksimum sekitar 400 km/jam!

Selain membawa penumpang 2-4 orang, MOBI-ONE bisa juga digunakan untuk angkutan barang hingga 200 kg. Menariknya, ia lepas landas secara Vertikal Take-off & Landing (VTOL), mirip helikopter, namun lebih cepat dari heli, karena saat tebang sayapnya berpindah sehingga posisi rotorfan membuat daya dorong ke depan.

Pendiri dan CEO AirSpaceX, Jon Rimanelli, MOBi-ONE menjadi pilihan utama ke depan karena ramah lingkungan, tenang, tepat waktu, dan yang paling penting akan dijual dengan harga yang “tidak terlalu mahal”. Pilot otonom akan minta data tujuan via googlemaps di smartphone anda, lalu berdasarkan data olah GPS, maps menjadi flight plan dalam sekejap, meluncur membawa anda ke tempat tujuan.

Samson Flyng Car. (Samson Motorworks)

2018, Mobil Terbang Ini Siap Dipasarkan!

Ini dia mobil terbang pertama yang akan dirilis ke pasaran, pertengahan tahun 2018. Beroda tiga bisa terbang hingga 320 km/jam pada ketinggian jelajah 13.000 feet.

Selengkapnya

“Di mana mana di kota besar dunia lalulintas daratnya bermasalah (macet, red), serta emisi gas buang amat merusak bumi. MOBi-ONE atau drone sejenis dengan kami adalah solusi paling tepat ke depan,” ujarnya.

Rancangan MOBi-TWO AirSpaceX

Rancangan MOBi-TWO AirSpaceX. (Dok: AirspaceX.com)

Rimanelli mengklaim MOBi-ONE siap uji terbang tahun 2020 mendatang. JP Yorro, Chief Commercial Officer AirSpaceX, merencanakan memproduksi 2.500 unit MOBI-ONE pada tahun 2025. Mereka mengutamakan pasar AS, dan Eropa.

“Program pengembangan MOBi-ONE memang padat modal, namun kami yakin mobilitas udara ke depan akan menghemat milyaran dollar dan udara yang bersih bagi kelangsungan hidup bumi,” ujar Yorro.

Selain AirSpaceX, Uber dan NASA, serta Airbus Industry, dan Boeing, juga sedang mengembangkan drone sebagai angkutan udara atau taksi terbang. Semuanya akan menggunakan tenaga listrik, demi udara yang bersih bagi bumi. Angkutan menjadi praktis, senyap dan ramah lingkungan. Saat itu, mungkin perlu regulasi baru mengenai angkutan penumpang taksi drone. Ada yang mau demo anti Taksi Drone ..? (yan/futurism)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya