Ada Suara Misterius Tengah Malam di Langit Pekalongan!

BUMOE 15 Des 2018
Ada Suara Misterius Tengah Malam di Langit Pekalongan!

Pekalongan, Jateng- Warga Pekalongan heboh dengan suara misterius di atas langit wilayah mereka, di subuh dinihari Jumat (14/12/2018) kemarin.  Banyak spekulasi berkembang, mulai pertanda alam hingga makhluk asing (aliens). Pengamat penerbangan yang juga mantan anggotra DPR-RI meyakini suara itu dari mesin pesawat Antonov buatan Rusia yang melintas di langit Pekalongan, saat itu. Namun TNI-AU menolak suara itu dari pesawat Antonov.

BMKG sendiri belum menemukan sumber suara di tengah malam buta di langit Pekalongan itu. Suara semula di dengar seorang warga, namun karena ada warga lain yang juga ikut mendengar  kemudian heboh dan berkembang menjadi berbagai isu.  Bahkan ada warga yang sempat memvideokan suara aneh tersebut.

Alvien Lie meyakini suara itu berasal dari mesin pesawat Antonov An-12 BP yang melintas dari penerbangan Jakarta-Melbourne, Australia. “Itu pesawat Antonov An-12,  yang terbang dari CGK (Bandara Soekarno-Hatta) menuju Melbourne (Australia). Tinggal landas dari CGK, melintas Pekalongan sekitar pukul 03.00 WIB pada ketinggian 23.000 kaki di atas permukaan laut,” kata Alvin pada detikcom.

Antonov An-12 B. dok : google

Menurutnya karena suasana sepi, maka terdengar aneh. “Kalau siang pasti tidak akan jadi perhatian,” ujarnya.  An-12 BP mirip pesawat C-130 buatan AS, sama-sama bermesin turbopropeller. “Apalagi mesinnya empat, jadi suaranya begitu,” kata Alvin.

Sementara TNI-AU sebaliknya tidak yakin suara itu dari mesin pesawat Antonov. “Nope, pesawat AN-12 milik Ukraina tersebut selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 ft. Dan ukurannya relatif tidak jauh berbeda dengan pesawat C-130 Hercules. Secara teori fisika tidak akan mengeluarkan bunyi seperti yang sedang viral,” tulis akun Twitter TNI AU, @_TNIAU.

Lintasan pesawat An-12 di langit pantura saat suara aneh terdengar. dok : flightradar24

Warganet pun terbelah, ada yang percaya Alvin ada juga yang sama dengan keyakinan TNI-AU. Di layar flightradar24 tercatat memang ada penerbangan Antonov An-12 melintasi langit Pantai Utara Pulau Jawa, pada saat hampir sama, namun menurut catatan radar mereka, ketinggian pesawat saat itu hanya 15 ribu feet. Pesawat bermesin turboprop memang tidak terbang setinggi pesawat bermesin turbogas, atau jet yang bisa terbang sampai setinggi 40 ribu kaki lebih. Benarkah suara Antonov? Atau ada (pesawat/kejadian) lain?  Coba simak videonya. (yan/***)

 

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya