Ada Dentuman Misterius di Cianjur Hingga OKU, Sumsel

BUMOE 25 Des 2018
Ada Dentuman Misterius di Cianjur Hingga OKU, Sumsel
Ilustrasi. dok : google

Palembang – Warga di Sumatera Selatan mengaku mendengar suara dentuman misterius setiap malam, yang berlangsung lima hingga enam kali dalam satu malam. Sementara warga Cianjur, garut hingag Purwakarta juga mengaku mendengar suara dentuman misterius di langit wilayah mereka.

“Sudah kami dengar sejak dua atau tiga malam ini. Suaranya sangat keras, saya gak tau suara apa itu,” kata seorang warga Ogan Komering Ulu, M Amzal seperti dikutip detik.com, Selasa (25/12/2018).

Suara itu terdengar mulai malam hingga dinihari, dan menggema dari kejauhan, kata Kadus Dusun I Desa Karang Endah, OganKomering Ulu (OKU), Sumsel ini.

Ia sempat menduga ada latihan tempur di Puslatpur OKU. “Hari ini malah siang, sampai menggetarkan rumah,” tambahnya. Suara mirip bom yang menghantam permukaan tanah. Banyak warga OKU juga menjabarkan suara serupa di media social, danmengaku terkejut dengan suara dentuman yang sudah berlangsung selama tiga hari ini. Warganet ini umumnya penasaran dan meminta BMKG untuk menjelaskan fenomena ini.

Sebelumnya, dentuman misterius juga dilaporkan warga Cianjur, Garut hingga Purwakarta, Jawa Barat. “Suara itu sampai membuat panic sebagian warga, banyak yang bertanya-tanya,” tulis seorang warganet.

Namun suara misterius itu disebut Kapendam 3 Siliwangi, Kolonel (Arh) Hasto Respatyo sebagai dampak peluncuran roket dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN). “Sudah kami kroscek, ada peluncuran uji roket di Stasiun Lapan di Pameungpeuk, Garut tanggal 23 sampai 27 Desember 2018,” ujarnya.

Hasto memastikan suara roket yang diluncurkan itu akan menimbulkan efek mendentum di udara. Hasto mengatakan ujicoba tersebut sudah meminta izin kepada Kodim Garut. Ujicoba akan berlangsung hingga tanggal 27 Desember 2018.

Ia meminta masyarakat tidak panic, atau mengaitkan dentuman itu dengan aktivitas alam seperti seismic maupun vulkanik. (detik.com/***)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya