36 Jam Dikuasai Teroris, Polisi Akhirnya Amankan Mako Brimob

Situasi pasca kerusuhan di Mako Brimob, Depok Jawa barat. foto dok : Tirto.id

Jakarta – Wakapolri Komjen Syafruddin Kamis pagi (10/5/2018) mengumumkan bahwa operasi penanganan napi teroris di Rutan Cabang Salemba Mako Brimob berhasil diatasi. Operasi berakhir pukul 07.15 WIB.

“Operasi sudah berakhir pada pukul 07.15 WIB tadi,” kata Syafruddin dalam jumpa pers di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018).

Syafruddin menyatakan, saat polisi masih melakukan proses sterilisasi. Prosesnya diperkirakan berlangsung sekitar 1 jam ke depan. Syafrudin menyebut ada 156 tahanan yang terlibat dalam penyanderaan. Saat ini Rutan Mako Brimob sudah dikuasai seluruhnya oleh polisi.

Sebelumnya, satu sandera polisi, yakni Bripka Iwan dari Densus 88 berhasil dibebaskan, 29 jam setelah disandera. Bripka Iwan kini dievakuasi ke Rumah sakit akibat luka-luka penganiayaan.  Mukanya lebam, ada pula bebarapa bagian tubuhnya yang lebam dan terluka. Empat polisi lainnya terluka, termasuk seorang polwan. Lima polisi gugur dalam penyanderaan oleh napi teroris, dan satu napi teroris asal Pekanbaru tewas.  (dtc/*)