21 Warga Tewas, Jakrapanth Tomma Ditembak Mati

Tentara dan satuan polisi khusus mengepung Mal terminal 21, dan menembak Jakrapanth, Minggu (9/2/2020) dinihari tadi. Dok : Khaosod.

Bangkok – Insiden penembakan brutal oleh sersan Jakrapanth Tomma berakhir Pukul 02.00 Minggu dinihari tadi (9/2/2020) dengan tewasnya sang tentara, setelah ia menembak mati 21 warga dan melukai 43 lainnya. Mall Terminal 21 di Nakhon Ratchasima, 250 Utara timru Bangkko dinyatakan aman oleh petugas.

Operasi gabungan polisi dan tentara berhasil menembak mati pelaku, dan kemudian mengevakuasi pengunjung yang disandera.  “Tidak ada yang bisa lolos dari kematian,” demikian postingan Jakrapanth usai mencuri senjata dan kendaraan dari markasnya, dan menembaki warga di sepanjang jalan menuju mall Terminal 21. Entah kebetulan, jumlah warga yang tewas di tangan Jakrapanth juga 21 orang!

Pelaku serma Jakrapanth Tomma, tentara Thailand yang baru dua tahun mengabdi di satuannya. dok : khaosod FB

Di mall terkenal di Thailand ini, ia menyandera pengunjung dan melepaskan tembakan membabi buta terhadap pengunjung lain.  “Kami tidak tahu mengapa dia melakukan ini. Tampaknya dia stress berat,” ujar juru bicara kementerian pertahanan Thailand, Kongcheep Tantrawanit.

Sabtu malam, ia terlihat mondar mandir di dalam mall, terkadang tampak menenteng senjata terkadang bersembunyi di antara pengunjung mall yang ketakutan.  Polisi tak berani beraksi takut tersangka lari ke kerumunan pengunjung lain di mal berlantai lima itu. “Ia menggunakan senapan mesin dan menembak korban yang tidak bersalah yang mengakibatkan banyak orang terluka dan tewas,” kata seorang juru bicara polisi.

Baru tengah malam polisi mendekat, meminta pembeli yang melarikan diri untuk “mengangkat tangan” dan mengidentifikasi diri mereka di lantai dasar “Angkat tangan bila anda pengunjung mall. Aparat berwenang akan mengevakuasi Anda,” ujar polisi melalui pengeras suara.

Satuan polisi khusus yang beraksi dinihari tadi dikirim dari Bangkok, untuk menangani serdadu yang beringas itu. Di lokasi, terlihat para pejabat pejabat senior seperti kepala pasukan Apirat Kongsompong, kepala polisi Chakthip Chaijinda, dan wakil PM Anutin Charnvirakul, juga tiba di Korat untuk memantau situasi. Aksi Jakrapanth yang penuh sensasi itu berkahir pukul 02.00 dinihari, dengan tewasnya sang “ algojo” itu.

Berikut video Jakrapanth mondar mandir di lantai LG02 Terminal 21 Mall, dengan menenteng senjata otomatis :

(yan/news.com.au/khaosod)