2019, Sains Terus Berkembang DenganTemuan Baru

Ilmu pengetahuan berkembang pesat denganberbagai temuan mencengangkandi tahun 2018. Bidang angkasa luar, ada Curiosity dan kemudian Insight yang memotret danau beku di Planet Mars, Space X yang memakai ulang roketnya.

Ada temuan teknologi pembedahan (mikro), obat cancer hingga stroke di bidang kesehatan, terapan awal mobil istrik, mobil terbang, drone yang bisa mengangkut manusia, teknologi IT yang berkolaborasi dengan mekanika menghasilkan Artificial intelligent (AI), yang diperkirakan akan sangat berkembang dan menakjubkan di tahun 2019.

Berikut perkiraan penemuan sains paling menarik di tahun 2019 :

Luar Angkasa : Advanced Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO) memulai pengamatan lanjutan pada Februari 2019, yang memungkinkan para ahli menemukan teori lebih sahih tentang lubang hitam, dan asal muasal alam semesta.

Ilmuwan kini fokus pada Lubang Hitam Sagitarius A, di pusat galaksi kita, Milky Way. China diperkirakan akan menjelajah bulan, di-ikuti India, tahun 2019 mendatang.

Dan wahana Parker Solar Probe pada bulan Agustus 2019 akan terbang cukup dekat ke Matahari, untuk mengumpulkan informasi baru tentang bintang pusat sistim tata surya kita tersebut.

Edit gen, juga akan semakin diminati, untuk mengimbangi ‘robot AI’ di masa depan. dok : Xpress

Kesehatan : Para ilmuwan juga diperkirakan akan membuka tabir area klaustrum misterius otak manusia, yang dulunya diyakini sebagai pusat kesadaran manusia. Vaksin flu baru akan ditemukan, menyusul penyakit influenze gawat di tahun 2018, yang menyebabkan kematian 8.000 orang di AS saja.

Akan ditemukan juga vaksin berbasis sel, yang lebih efektif dan mampu melawan imunisasi sel. Sebuah jenis bakteri yang ditemukan di tanah Irlandia Utara, diyakini akan menjaid bahan utama vaksin super tersebut.

Teknologi :  Di bidang otomotif, mobil self driving akan diterapkan secara massal di kota besar, dneganresiko akan terjadi lebih banyak angka kecelakaan, karena mobil otonomos ini tidak bisa diambil alih kemudinya saat kondisi lalulintas berubah drastis.

Cina akan terus mengembangkan cloning, dan pengeditan gen untuk melahirkan anak-anak manusia super dan terpilih dari gen paling kuat.

Para peneliti Caltech terus mengembangkan teknologi transplantasi, kaki dan tangan, yang akan lebih baik serta bisa langsung dikontrol oleh otak manusia sendiri.

Ehang, drone China yang bisa mengangkut 2 orang, akan semakin populer. dok : Ehang

Paling menakjubkan tentu pengembangan teknologi IT, computer super yang menjadi lebih murah, internet lebih cepat dan sistim komunikasi serta transaksi keuangan tanpa penggunaan cash yang lebih mudah dan aman. Walau belum ada penyatuan mata uang, namun konversi semua mata uang akan sangat mudah dilakukan dengan system digital, termasuk menterjemahkannya dalam berbagai bahasa. Sistim transportasi drone akan bisa diterapkan sebagai angkutan manusia, walau belum massal, mobil terbang, mobil hingga pesawat berpenggerak baterai (listrik).

Kita tunggu saja, di tengah bumi yang juga semakin gonjang ganjing, sebagian akibat perkembangan teknologi masa lalu, penggunaan BBM yang berlebih, mengakibatkan global warming dan berbagai dampak lanjutannya. (yan/futurism)