19 Wanita Chechnya Dihukum Seumur Hidup

BUMOE 11 Mei 2018
19 Wanita Chechnya Dihukum Seumur Hidup
19 wanita Chechnya di PN Irak. Fofo dok Press TV

Baghdad – Sebuah pengadilan di Irak menjatuhkan hukuman penjara se umur hidup bagi 19 wanita Chechnya, Rusia karena memasuki Irak secara illegal. Paling berat mereka dituduh menjadi anggota Daesh (ISIS) dan terlibat serangkaian kejahatan atas rakyat Irak, khususnya perempuan Yazidi. Mereka membantu pejuang membunuh perempuan Yazidi, hingga menjadikan mereka budak seks suaminya, dan anggota ISIS lainnya.

Uniknya, ke 19 terdakwa dating ke pengadilan bersama anak-anak mereka, yang umumnya ditinggal mati suaminya, para pejuang Chechen yang dikenal militant memperjuangkan ISIS. Keputusan Mahkamah Agung ke luar 8 Mei kemarin, yang mengukuhkan ke 19 wanita itu harus dipenjara se-umur hidup.

Sementara pada 17 April lalu, Mahkamah Agung Iraq juga mengumumkan, bahwa Mahkamah Jinayah Pusat telah menjatuhkan hukuman mati lima wanita asal Azerbaijan dan Kyrgyzstan. Mereka juga dituding terlibat kejahatan dan bergabung bersama Daesh.  Iraq semakin memperketat masuknya warga asing yang ingin membantu ISIS, dengan menambah hukuman. Apalagi, negara asal tidak mau menerima mereka kembali ke negaranya. (*/PresTV)

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya