15 Offroader Aceh Ambil Bagian di MEX II 2017, No Turning Back!

BUMOE 12 Apr 2017
15 Offroader Aceh Ambil Bagian di MEX II 2017, No Turning Back!
Unit offroad team Extreem Medan (Doddy), modifikasi 6x6 ala Hummer dengan mesin Toyota 15 BT. (Foto Ist)

Meratus Expeditiditon (MEX) ke dua 2017, event adventure offroad terbesar di Indonesia akan berlangsung selama 16 hari (8-22/4), menembus belantara hutan Kalimantan. Di even ini, 15 offroader Aceh jadi peserta dengan lima unit kendaraan offroad, yang didesain khusus untuk menembus medan berat.

“Kami sudah siap dan berharap bisa finish di event ini,” ujar Alex Musni Haffas, yang mengendarai Taft Rugger dengan kaki-kaki FJ60 dilengkapi dengan alat recovery tiga unit winch, Sabtu (8/4).

“Selain kami, ada 90 kendaraan dengan peserta dari seluruh Indonesia, Malaysia dan Brunei, serta supervise dari Belanda dan Perancis,” tambah  Ketua Indonesia Offroad Expeditian (IOX) Aceh ini.

Event offroad ini akan menempuh jarak 250 km, selama 16 hari dari Barabay hingga finish di Batulicin, Kalimantan Selatan. “No turning back! Dan tiap menit peserta akan ngewinch!” ujar Syamsir Alam, offroader tenar Indonesia yang juga akan bertindak sebagai leader.

Syamsir yang juga “bintang” serial Thousand Miles Trans TV ini menjamin, peserta hanya akan lolos dengan alat recovery yang bekerja keras, serta nyali yang kuat. “Track bejat hanya 25 km, tapi sedikitnya perlu 10 hari berjuang agar lolos dari track neraka ini,” ujarnya.

Di depan semua peserta, termasuk 15 offroader Aceh, Syamsir  menekankan perlunya fisik dan mental yang kuat dari peserta. “Hemat-hematlah bahan bakar, air dan bahan makanan. Siapa tahu kita akan lebih lama di dalam hutan,” paparnya.

Unit offroad team Extreem Medan (Doddy), modifikasi 6x6 ala Hummer dengan mesin Toyota 15 BT. (Foto Ist)

Unit offroad team Extreem Medan (Doddy), modifikasi 6×6 ala Hummer dengan mesin Toyota 15 BT. (Foto Ist)

Para offroader asal Aceh akan mengendarai unit Taft Rugger (Alex, Noek, Beni), FJ40 (Saiful, Aramiko, Mis),  Toyota Landcruiser VX80 (Fariz, Khalid), Ford D-Cab (Fauzir cs), dan Suzuki Vitara (Hasbi Mustafa cs).  “Memang tidak tergabung dalam satu team, tapi kami semua mewakili Banda Aceh, Bireuen, Langsa, Aceh Tengah dan Sabang. Saya sendiri tergabung dalam team Cobra di starting list nomor 16,” ujar Alex.

Peserta dari daerah lain menggunakan beragam unit offroad, mulai dari Jimny, FJ40, Landrover, unit modifikasi dan tuan rumah team naga dengan kendaraan khas  Landcruiser VX80 dan TJ Cruiser. Mobil ini juga menjadi andalan Syamsir Alam dalam program Thousand Miles.

Banyak yang tidak tahu, navigator Syamsir juga putra Aceh asal Aceh Jaya, yakni Mansurdin alias Chex, yang juga merangkap mekanik team leader di event ini.[]ian blaga

Komentar


Artikel Terkait


Tulisan Lainnya